Uniknya Fenomena Alam Lumpur Bledug Kuwu

Bledug Kuwu adalah sebuah kawah lumpur (mud volcano) yang terletak di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Propinsi Jawa Tengah. Tempat ini dapat ditempuh kurang lebih 28 km ke arah timur dari kota Purwodadi. Bledug Kuwu merupakan salah satu obyek wisata andalan di daerah ini, selain sumber api abadi Mrapen, dan Waduk Kedungombo. Obyek yang menarik dari bledug ini adalah letupan-letupan lumpur yang mengandung garam dan berlangsung terus-menerus secara berkala, antara 2 dan 3 menit. link.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Bledug Kuwu terjadi karena adanya lubang (jalan pulang Joko Linglung dari Laut Selatan menuju Kerajaan Medang Kamulan) yang menghubungkan tempat itu dengan Laut Selatan. Konon, Joko Linglung mampu membuat lubang itu saat ia menjelma sebagai ular naga yang merupakan syarat agar dia diakui sebagai anak Aji Saka, penguasa Kerajaan Medang Kamulan.

Sedangkan menurut Ilmiah fenomena ini terjadi akibat aktivitas pelepasan gas (fase benda yang memiliki komposisi kimia yang seragam dan ciri-ciri fisik seperti densitas, struktur kristal, indeks refraktif, dan lain-lain) dari dalam teras bumi. Gas ini biasanya adalah metana ( hidrokarbon paling sederhana yang berbentuk gas dengan rumus kimia CH4)

Berikut Foto Fenomena Alam Lumpur Bledug Kuwu

0 Komentar untuk "Uniknya Fenomena Alam Lumpur Bledug Kuwu"

Note: Only a member of this blog may post a comment.