Film Animasi yang memberi pesan Mendidik

Entertaining-education atau hiburan yang mendidik, sepertinya masih perlu digalakan lagi di dunia perfilman dalam negeri, bukan malah Entertaining - superstition alias tayangan-tayangan horor yang dipoles oleh bintang-bintang seksi yang terus menerus disuguhkan. Karena bagaimanapun juga film merupakan sebuah media yang menjadi cerminan kehidupan di lingkungan sekitar. Pesan moral yang disampaikan penulis melalui tayangan sebuah film harus benar - benar terlihat jelas dan terbaca oleh penonton.

Bicara masalah pesan moral ini, film animasi bisa dijadikan contoh, bagaimana sang penulis menyampaikan pesan-pesan sosialnya kepada penonton. Berikut ini adalah beberapa film animasi terbaik, yang mungkin bisa dijadikan contoh sebagai tanyangan hiburan yang mendidik.

Film Tarzan : Film si raja rimba ini, sudah sangat mendunia, menceritakan bagaimana tarzan melindungi kawanan Gorila dari orang asing yang ingin memanfaatkannya. Tarzan di iming-iming bisa bersama kekasihnya jika meninggalkan hutan dan menunjukan tempat persembunyian kawanan gorila dan akhirnya bahaya pun mengancam keselamatan gorila dan tarzan sendiri. Film ini memberi isyarat bahwa sebuah pengkhiatan kecil bisa berujung pada malapetaka besar yang bisa mengancam sendiri atau orang lain.

Film Up: Ini menceritakan seorang kakek yang ingin mewujudkan mimpi istrinya yang telah meninggal dunia, untuk memiliki sebuah rumah yang berada di atas sebuah bukit batu agar bisa menghabiskan waktu bersama. Si kakek mencari tempat impian sang istri dengan cara mengikatkan balon-balon gas di sekeliling rumah supaya ia bebas menerbangkan dan memindahkan rumahnya ke tempat yang diinginkan. Walaupun mustahil, tapi akhirnya kakek ini berhasil membawa rumahnya ke tempat impian yang diinginkan oleh sang istri. Film ini menunjukan bahwa dengan tekad dan keinginan yang kuat, semua impian, bahkan yang terlihat sangat mustahil, pasti bisa diwujudkan.

Film Wall E: Film ini memang sangat terlihat pesan moralnya yaitu, menganggat isu lingkungan tentang pentingnya menjaga kebersihan bumi. Wall E di gambarkan dengan pemandangan kotor bumi sebagai akibat menumpuknya sampah-sampah sisa perusahaan, sehingga manusia pergi meninggalkan bumi, lalu ditugaskanlah robot penjaga kebersihan bernama wall E untuk membersihkan bumi. Selain tema kebersihan film ini juga kental dengan kesetiaan cinta, dimana wall E setia terhadap robot cantik yang dikirim untuk mencari informasi apakah bumi sudah siap dihuni lagi.

Film Finding Nemo: Film animai yang digambarkan dengan ikan hias ini menyampaikan pesan bahwa apapun yang dilakukan oleh orangtua pasti demi kebaikan anak mereka, tapi orangtua pun harus bisa berbesar hati untuk membiarkan sang anak menjalani hidupnya sendiri. Dari ceritanya terlihat sang anak ikan yaitu Nemo membantah nasihat ayahnya, sampai akhrnya dia mengalami bahaya sendiri.

Film Shrek: Film ini sangat populer dan mendunia hingga dibuat sampai 3 seri. Dibalut dengan cerita lucu dan romantis serta lagu-lagu catchy, penulis berhasil menyisipkan pesan moral tanpa harus menggurui penonton. Dari Shrek 1 hingga 3 pesan moral yang menjadi benang merah ketiga film ini adalah jangan menilai baik atau buruknya seseorang dari penampilannya. Ini bisa dilihat dari tokoh ayah Viona yang nggak merestui hubungan putrinya dengan Shrek hanya karena Shrek makhluk rawa dengan penampilan yang mengerikan.
4 Komentar untuk "Film Animasi yang memberi pesan Mendidik"

nice info bos... kapan yach kita bisa bikin film animasi yang bagus, mendidik, dan mendunia?
http://ayahsafa.blogspot.com/2011/02/tips-membangun-keberanian-dan-percaya.html#more

saya nonton UP tu tak ulang2 gak mudeng2 kalau menurutku sherk dan finding nemo tuh keren

sya suka tarzan :) tpi syg versi X diselewengkan hehehe...
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

@ Mas Bams:baru The raid yg mendunia tahun ini mas.. film nya bagus juga
@ Kodok: ya pertama liat juga bingung sama UP
@ Emingko: hahahhaha itu mendidik sekali, btw izin sedot artikel askep nya mas :D

Note: Only a member of this blog may post a comment.