Nonton Online Gerhana Bulan Total 2011

Gerhana Bulan Total diprediksi akan terjadi 16 Juni 2011 (dini hari 00.25 - 05.59 WIB). Gerhana Bulan total kali ini bisa disaksikan di wilayah Eropa, Afrika, Amerika Selatan, Australia, dan Asia, termasuk Indonesia. Wilayah timur Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah, dan barat Australia bisa menyaksikan keseluruhan tahap gerhana. Di Indonesia, wilayah yang keberuntungan yang sama adalah Sumatrra, Jawa, Kalimantan, dan sebagian Nusa Tenggara.

Berikut Tahapan/Fase dan waktu dari proses Gerhana bulan Total menurut pakar astronomi:

P1: Pada fase ini bayangan Penumbra bumi perlahan-lahan mulai menutupi permukaan bulan dan secara mata telanjang fase ini tidak begitu nampak namun dengan pengamatan Teleskop fase ini akan tampak.

U1: Bayangan Umbra atau bayangan bumi yang sebenar nya perlahan-lahan mulai menutupi permukaan bulan. Pada fase ini mata telanjang mulai dapat membedakan mana permukaan yang gelap akibat tertutup bayangan bumi dan permukaan terang akibat cahaya matahari.

U2: Bayangan Umbra sepenuh nya telah menutupi permukaan bulan sehingga dengan mata telanjang bulan akan tampak merah membara dan gerhana bulan total sedang dimulai.

Greatest: puncak Gerhana bulan mencapai puncak nya dan posisi Matahari, bumi dan bulan berada pada garis lurus sehingga pada fase ini bulan akan terlihat gelap.

U3: Perlahan-lahan Bayangan umbra akan menghilang dari permukaan bulan dan mata dapat membedakan mana permukaan gelap akibat bulatan planet bumi dan permukaan bulan yang cerah akibat sinar matahari (Meski masih tertutup penumbra)

U4 : Bayangan umbra sepenuh nya telah hilang dari permukaan bulan dan bulan tampak mulai berwarna putih.

P4: Bayangan penumbra mulai hilang dan bulan bersinar tampak cerah seperti biasanya


Kita bisa menyaksikan langsung gerhana bulan total dengan mata telanjang atau menggunakan peralatan astronomi seperti Binokular dan Teleskop. Pengamatan Gerhana bulan ini merupakan pengamatan gerhana yang aman. Gerhana Bulan Total 2011 ini juga bisa disaksikan secara online melalui live streaming di situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Observatorium Bosscha mulai pukul 00.24 Waktu Indonesia Bagian Barat.

Hasil Rekaman Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 


0 Komentar untuk "Nonton Online Gerhana Bulan Total 2011"

Note: Only a member of this blog may post a comment.