Tips Untuk Mengatasi Google Panda

Sejak 28 Februari 2011 Google menerapkan alogaritma baru pada mesin pencarian mereka yang dikenal dengan istilah Google Panda, perubahan ini berdampak pada banyaknya website dan blog yang mengalami penurunan trafik secara signifikan. Alasan Google melakukan perubahan ini sederhana, mereka ingin hasil pencarian sempurna untuk para pengguna internet, yang artinya web atau blog yang memilki kualitas tinggi dan baik yang akan tampil di urutan pertama hasil pencarian.

Google Panda sendiri ditujukan untuk menjaring situs-situs dengan Auto Generate Content atau mereka menyebutnya dengan Content Farm (beternak konten) dan untuk situs-situs yang memiliki kualitas rendah (kontent sedikit, hasil copy paste, banyak menebar iklan dll) akan di urutkan di halaman belakang hasil pencarian .

Google panda sudah di terapkan secara global untuk situs-situs berbahasa Inggris (baca disini) tetapi kemungkinan akan diterapkan juga untuk pengguna bahasa lain, artinya bahasa indonesia juga bisa terkena efek Google Panda ini.  Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah sedikit tips untuk mengatasi google panda.

Original Content (Tulisan sendiri) : Hal ini sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, konten adalah segala-galanya di mata search engine, usahkan meminimalkan hasil copy paste pada blog dan lupakan auto blog. 100 dollar per hari dengan auto blog? Google Panda akan mengirim urutan blog anda ke 100 atau bahkan hilang dari pencarian. Jangan lupa juga untuk menghindari duplicate content pastikan blog menggunakan rel=canonical  untuk mengatasi masalah ini.

Cek halaman 404 : “Halaman 404 – Not Found” biasanya terjadi jika ada kesalahan pengejaan atau konten blog sudah dihapus, jangan sampai terlalu banyak halaman 404 not found pada blog apalagi sampai terindex oleh mesin pencari, kita bisa mengisi nya dengan scrips CSE atau mengalihkannya ke halaman-halaman berguna seperti page home. Untuk pengguna wordpress cara nya mudah saja silahkan masuk ke halaman Dashboard - Editor - 404 template. ganti kode 404.php dengan kode seperti ini :

<?php
header("Status: 301 Moved Permanently");
header("Location:http://www.namadomain.kamu");
?>


Jangan terlalu banyak memasang Iklan : Google panda adalah robot, jika sekarang ada banyak iklan pada konten atau postingan blog, otomatis akan dibaca sebagai content farm, sebagai contoh situs-situs besar yang sudah terkena efek ini adalah AssociatedContent.com, FindArticles.com, EZineArticles.com, Cult of Mac dan British Medical Journal. Semua situs besar ini sekarang mengalami penurunan trafik drastis, meskipun iklan yang mereka pasang adalah milik google sendiri (Adsense).

Backlink: Cari backlink yang berkualitas dan sesuai dengan tema blog, kualitas backlink akan di monitor oleh Google panda, hal ini menentukan ranking web atau blog. Serta jangan menggunakan auto surf untuk menarik pengujung apalagi melakukan Black Hat Seo.

Desain dan User-Interface: Perbaiki seluruh elemen blog, pastikan navigasi yang jelas sehingga pengunjung akan mudah mencari informasi pada blog. Untuk User Interface sertakan beberapa tombol sosial bookmark dan jangan tutup bagian komentar pada postingan.

Google Panda memang membuat lelah, semoga sedikit tips untuk mengatasi Google panda ini bermanfaat, Happy Blogging!

Related Post: