Selamat Tahun Baru ......

Banyak sekali harapan di setiap pergantian tahun yang ingin tercapai sebagai wujud dari semua mimpi, hanya berharap semoga kita dapat meraihnya dengan segala perjuangan. Diri sendirilah yang menentukan seberapa besar kebahagiaan yang akan dimiliki, namun raihlah tanpa menyakiti atau merugikan orang lain, karena semakin banyak kita memberi semakin banyak juga yang akan kita peroleh.... alangkah indahnya jika saling berbagi satu sama lain seperti sebuah potongan lirik:

"Sesungguhnya berkasihlah
Di antara manusia
Perindah segala kata-kata
Bahagia itu janjinya"
Good Luck & Happy New Year!

10 Desain Tempat Sampah Yang Unik

1. Touchless Automatic Trash Can

Seperti yang Anda ketahui, tempat sampah sangat kotor, ga ada satu orang pun yg senang memegangnya. Tetapi dengan sensor inframerah, tempat sampah ini terbuka secara otomatis selama Anda berada dalam rentang 6 inci dari sensor. Tiga detik setelah selesai, tutup slide akan tertutup otomatis. Anda dapat membelinya di Amazon seharga $ 80 dolar.

2. Barcode Trashcan

Tahukah anda bahwa tidak semua jenis plastik bisa didaur ulang? Pernahkah anda memperhatikan bagian bawah dari botol air mineral yang anda minum? Disana biasanya dapat dijumpai tanda daur ulang dengan angka ditengahnya. Tanda inilah yang menunjukkan apakah sampah platik ini bisa didaur ulang atau tidak.
Alat ini adalah sebuah tempat sampah pintar yang dilengkapi dengan barcode.
Bagi anda yang belum mengerti apa itu barcode, barcode adalah kode (yang biasanya berupa garis tegak lurus) yang bisa digunakan untuk mempermudah proses identifikasi suatu barang. Aplikasi barcode paling banyak ditemui di supermarket atau swalayan untuk mempercepat proses pelayanan. Si Pelayan tinggal mengarahkan sensor ke arah barcode dan harga akan segera tampil dilayar.

3. Star Wars R2-D2 Trash Can

Jika Anda bosan dengan bak sampah yang sederhana, maka anda dapat membeli Star Wars R2D2 TrashCan. Tersedia di Amazon dengan harga $ 139,99

4. Crusader’s Great Helm Gothic Trash Bin

Menambahkan sentuhan abad ke ruangan kantor dengan Crusader’s Great Helm gothic trash Bins ($ 50). Ini adalah gaya gothik abad 12 besar. kerlingan kualitas desainer damar dan selesai dalam Faux logam untuk melihat yang asli.

5. Expanding Office Bin

Tempat sampah ini dapat mengembang apabila di isi dengan sampah. Anda dapat mendapatkannya dengan harga ($65)

6. Ovetto Bin

Arsitek Italia Gianluca Soldi, yang sangat terlibat dalam lingkungan hidup, merancang Ovetto Bin, ($ 255) untuk membuat daur ulang yang lebih mudah dan lebih terorganisasi, ia menawarkan tiga divisi tersendiri untuk berbagai jenis daur ulang. Setiap komponen memiliki pintu untuk tas removal dan penutup untuk menurun sampah, serta warna-warna yang berbeda untuk menempatkan sampah yang masuk.

7. Garbage Pin

Garbage Pin adalah Pin yang bisa digunakan di pakaian tetapi bentuknya seperti ring basket kecil ditambah plastik berfungsi sebagai tempat sampah.
Orang akan bilang tidak berguna jika suka buang sampah sembarangan.
Tetapi bagi sebagian orang yang selalu menyimpan sampah di saku celana atau pakaian (supaya tidak mengotori lingkungan), Garbage Pin mungkin bisa berguna.
Lagipula, dengan mengenakan pin berukuran 4,5cm x2cm x 3cm ini setiap orang pasti akan menganggap bahwa penggunanya adalah orang yang peduli dengan kebersihan dan siapa tahu wanita akan tertarik.

8. Armstrong Bin

Taman Sukwon & Sungwoo didesain untuk memampatkan volume produksi sampah kita setiap hari. Nama Armstrong Bin berasal dari manusia pertama yang mendarat di bulan, seperti anda akan mendaratkan sampah pertama anda disini.

9. Minus Trash Can

Perancang asal Turki, Cem Tutuncuoglu memiliki ide cemerlang untuk menjauhkan tikus-tikus pengincar aroma busuk dari dapur anda. Dengan kreativitasnya ia berhasil menciptakan Minus Frozen Garbage Container. Dari namanya sudah bisa ditebak kalau hasil karyanya ini berupa tempat sampah yang bisa menjaga sampah organik anda agar tetap berada di bawah suhu nol derajat sehingga tidak mengalami pembusukan dan mengeluarkan aroma busuk.

10. Gold Plated Trash Can

Dirancang oleh Sylvie Fleur, Tempat sampah yang dilapisi emas. Hanya ada 25 buah di seluruh dunia. Dengan pembelian minimal S $ 15.000, Anda akan mendapatkan tempat sampah berharga ini di rumah Anda sendiri tempat sampah ini tidak akan membuat hidup anda lebih mudah, tetapi bagaimana tempat sampah keren ini sepenuhnya dibuat dari emas.

Sumber: pramesti.com

SMS Valentine Days

SMS Valentine days.....  Bagi yang masih malu-malu tapi mau, bolehlah memanfaatkan SMS ini untuk mengungkapkan isi hati Anda pada si dia. Berikut contoh sms valentine days:

1. Jika air adalah ciuman, aku akan kirimkan lautan. Jika pelukan adalah daun, aku akan kirimkan pohon. Jika cinta itu abadi, kutawarkan keabadian cintaku padamu!

2. Kutuliskan namamu di langit, angin meniupnya. Kutuliskan namamu di laut, badai membawanya. Kutuliskan namamu di hatiku, cinta namanya.

3. Ada 12 bulan dalam setahun, 30 hari dalam sebulan, 7 hari dalam seminggu, 60 detik dalam satu jam. Tapi hanya ada kamu seorang sepanjang hidupku.

4. Hanya ada dua alasan aku bangun setiap pagi: alarmku dan kamu!

5. Dalam benak orang bijak ada ide, solusi dan alasan. Dalam benak para ahli ada formula kimia, teori dan rumus. Di dalam benakku, hanya ada kamu!

6. Aku pernah berpikir, aku tak akan bisa mewujudkan impianku. Tapi pikiran itu sekejap hilang sejak aku melihatmu.

7. Kata dimulai dengan ABC, Angka dimulai dengan 123. Lagu dimulai dengan do re mi. Cinta dimulai dengan aku dan kamu

8. Ada samudera di lautan, ada hutan di pegunungan. Semuanya kuseberangi demi cintaku padamu, sudahkah kamu menerimanya?

9. Saat kukirimkan SMS ini aku kehabisan kata-kata. Kehabisan Baterai. Kehabisan Pulsa. Tapi cintaku ini takkan pernah habis untukmu.

10 Sherlock Holmes itu idiot! Graham Bell itu bodoh! Yang satu detektif, yang satu penemu telepon. Tapi tak seorangpun yang menemukanmu selain aku. Aku jenius ya!

11. Ah aku lupa namamu, boleh aku memanggilmu milikku? Dan kamu juga lupa namaku :( Kamu boleh memanggil aku milikmu kok :)

12. Cinta itu 4 langkah doang: 1. aku 2. kamu 3. kita 4. cinta

13. Aku mencintaimu! Jika kamu benci aku, panah saja diriku. Tapi jangan di hatiku ya, karena di situ kamu berada[break]

14. Kuminta mawar diberi-NYA taman. Kuminta setetes air diberi-NYA lautan. Kuminta malaikat diberi-NYA kamu!

15. Hei kamu! Kamu pasti pencuri karena kamu mencuri hatiku. Kamu pasti lelah karena kamu selalu berlari di pikiranku. Tapi aku kangen kamu

16. Kenapa sih kamu nggak SMS-in aku... a. Sibuk b. Lagi Nyetir c. Lupa d. kamu pengen aku kangenin kamu ya?

17. Seorang malaikat bertanya padaku, kenapa sih kamu cinta dia? Aku menjawabnya, karena tidak ada alasan untuk tidak mencintai dia

18. Aku dan kamu itu malaikat dengan satu sayap. Jadi kalau kamu nggak bisa terbang, boleh nggak sih aku menemani kamu?

19. Boleh nggak sih aku bilang aku cinta kamu hari ini? kalau besok gimana? besok lusa? besoknya besok lusa? gimana kalau selamanya?

20. Kamu bilang Hi! aku diem aja. Kamu tersenyum, aku buang muka. Kamu bilang cinta, aku nggak suka. Tapi kalau kamu bilang selamat tinggal, aku kehilangan.

21. Sahabat itu manis kalau baru. Lebih manis kalau jadi cinta. Tapi yang paling manis kalau itu adalah kamu.

22. Kalau kamu sedih nanti, telepon aku ya. Aku nggak janji bikin kamu ketawa, tapi aku janji aku akan menangis bersamamu.

23. Saat melihatmu, aku takut menyentuhmu. Saat menyentuhmu, aku takut menciummu. Saat menciummu, aku takut mencintaimu. Saat mencintaimu, aku takut kehilanganmu.

24. Andai jadi bantal, biar kau bersandar. Andai aku jadi tempat tidur, biar kau berbaring. Andai aku jadi selimut, akan kupeluk kau erat.

25. Alasan kenapa aku kangen kamu: karena kamu manis, kamu baik, kamu cakep deh, dan kamu belum SMS-in aku!

26. Jomblo gak usah kirim sms :D

Prediksi Tahun Naga Air Menurut Fengshui

Tahun Naga Air diyakini sejumlah orang sebagai tahun berlimpah rezeki karena naga menjadi lambang kebaikan. Di antara dua belas shio, ada empat shio yang diprediksi ahli fengshui Xiangyi bakal mendapatkan banyak keberuntungan di tahun Naga Air: shio ular, babi, ayam, dan kambing.

Meski beruntung, lanjut Xiangyi, mereka tetap harus mengantisipasi hal-hal tertentu. Misalnya, untuk pemilik shio ular, harus menghindari pengaruh orang lain dan jangan gampang terpengaruh. Pemilik shio babi harus memperhatikan kesehatan, shio ayam mesti memperhatikan hubungan percintaan, dan kambing harus memperhatikan kesehatan diri sendiri dan orang tua atau kerabat yang sedang sakit.

Untuk shio naga sendiri, menurut Xiangyi, naga adalah pimpinan, sehingga baik dan buruk bisa dia kendalikan sendiri. “Yang perlu diwaspadai adalah penipuan. Karena orang yang sedang naik takhta banyak yang mendekati dan memanfaatkannya. Selain itu juga harus mewaspadai kesehatan,” ujarnya.

Bagi pemilik shio anjing, harus berhati-hati. Menurut Xiangyi, anjing adalah hewan yang berhadapan dengan naga, dan juga dekat dengan penguasa. “Jangan terlalu menonjol, kalau menonjol bisa-bisa dijatuhkan.”

Pemilik shio tikus dan kuda, di tahun Naga Air ini termasuk orang yang kurang beruntung. Xiangyi mengungkapkan untuk shio tikus harus berhati dengan sikapnya. “Jangan gampang bertikai,”.

Sementara shio kuda harus berhati-hati dengan sesuatu yang munculnya mendadak karena biasanya akan menyebabkan kerugian.

Untuk shio monyet, lanjut dia, harus memperhatikan asmara dan jangan sombong, serta perlu memperhatikan kesehatan. Shio macan, di pekerjaan bagus, tapi harus memperhatikan kesehatan orang tua atau kerabat.

Bagi pemilik shio kerbau, harus menjaga hubungan antar-manusia terutama hubungan pekerjaan karena ada kemungkinan muncul serangan tiba-tiba tapi serangan itu bisa diatasi. Dan shio kelinci, di bidang pekerjaan baik terutama bidang hubungan dengan luar negeri atau jarak jauh. “Tapi shio kelinci tahun ini kurang percaya diri, dan itu yang harus dihadapi sendiri.”

Namun ini hanya prediksi secara umum. Menurut Xiangyi untuk bisa mendekati kebenaran harus dilihat berdasarkan tanggal lahir dan jam lahirnya.

Pergantian tahun Kelinci menjadi tahun Naga Air menurut Xiangyi baru akan dimulai 4 Februari nanti sekitar pukul 18.48 WIB meski hari raya Imlek jatuh pada Senin 23 Januari 2012.

Sumber: tempo

10 Fakta dan Mitos Tentang Beer

Bir adalah salah satu minuman yang paling populer. Ribuan atau bahkan jutaan orang di dunia pernah meminumnya, dan bahkan beberapa orang yakin bahwa apa yang mereka lakukan benar. Banyak orang yang percaya bahwa bir memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh dan dapat mempromosikan hidup menjadi lebih sehat.

Lantas, apa benar bir bisa dijadikan obat untuk meningkatkan kesehatan? Mari kita intip mitos dan fakta tentang bir dibawah ini agar tidak ada lagi pandangan yang keliru tentang minuman yang sebenarnya dapat merusak tubuh ini :

1. Mitos : Bir adalah minuman alami yang bermanfaat. Beberapa orang yakin bahwa bir adalah minuman yang sangat berguna dan harus menjadi bagian dalam diet harian mereka. Beberpa orang beranggapan bahwa bir memiliki kandungan konsentrasi alkohol dalam jumlah kecil dan jika dikonsumsi dalam dosis wajar, mungkin dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Fakta : Secara real, bir harus dianggap lebih berbahaya daripada anggur (wine) atau vodka, karena mengandung banyak komposit berbahaya yang diproses dari hasil fermentasi. Komposit ini beracun (biasanya fermentasi limbah) meliputi aldehida, minyak Fusel, metanol, eter dan sebagainya. Selain itu, kandungan alkohol dalam bir tidak selalu rendah dan kadang-kadang ada yang mencapai 14 persen.

2. Mitos: Bir tidak memiliki efek seperti alkohol yang bisa membuat orang kecanduan.

Fakta : Pecandu bir akan mengalami gangguan psikologis yang berat dan sering disertai dengan anosognosia atau membuat orang lepas kontrol dan sulit untuk menyingkirkan kebiasaan buruk tersebut. Tidak diperlukan waktu yang lama untuk seseorang jatuh pada ketergantungan secara psikologis akibat konsumsi bir. Jadi sebaiknya berhati-hati untuk mencoba minum ini.

3. Mitos : Bir bermanfaat untuk membantu orang beralih dari minum-minuman alkohol berat seperti vodka, wine dan wiski.

Fakta : Banyak orang telah tertipu dan menganggap bahwa konsumsi bir lebih baik ketimbang vodka atau wiski. Padahal, bir dan vodka sama-sama memiliki efek berbahaya.

4. Mitos : Bir berguna untuk otak kita. Bir mengandung silika, yang dapat mencegah atrofi otak, kesulitan berbicara dan masalah lainnya.

Fakta : Sebenarnya, alkohol menghancurkan sel-sel otak kita dan proses ini berlangsung sangat cepat pada remaja dan pemuda. Konsumsi bir biasa mempengaruhi kecerdasan manusia dan kemampuan belajar.

5. Mitos : Bir baik untuk jantung dan pembuluh darah

Fakta : Bir menyebabkan perubahan sangat berbahaya dalam bentuk fisik dan kerja jantung manusia dan seluruh sistem kardiovaskular. Bir mengandung sejumlah besar karbondioksida yang cepat masuk ke dalam darah dan menyebabkan masalah pembuluh darah, seperti varises.

6. Mitos : Bir memiliki rasa yang menyenangkan dan berguna untuk pencernaan kita.

Fakta : Studi menunjukkan bahwa minum bir terlalu banyak meningkatkan risiko seseorang menderita kanker usus besar. Selain itu, bir mengandung unsur seperti kobalt, yang dikenal karena sifatnya memicu peradangan di kerongkongan dan perut.

7. Mitos : Bir berguna karena memiliki banyak vitamin. Beberapa pecinta bir yakin bahwa dengan minum 1 liter bir sehari dapat memenuhi porsi harian dari semua unsur yang dibutuhkan dan vitamin.

Fakta : Sebenarnya, bir hampir tidak ada vitamin sama sekali. Selama proses pembuatan, semua vitamin yang awalnya ada akan hilang. Alhasil, 1 liter bir berisi hanya 0,005-0,15 mg tiamin dan riboflavin 0,3-1,3 mg.

8. Mitos : Bir dapat meningkatkan fungsi seksual

Fakta : Alkohol selalu buruk bagi fungsi seksual, baik pada pria dan wanita. Alkohol menghambat produksi androgen dalam tubuh, yang secara substansial dapat menurunkan gairah seks. Selain itu, bir juga berisi beberapa zat beracun, termasuk komposit logam berat, yang dapat menyebabkan perubahan berbahaya dalam sistem endokrin.

9. Mitos : Bir berguna untuk sistem saraf kita karena memiliki efek menenangkan dan membantu untuk menghilangkan stres

Fakta : Bir mempengaruhi sistem saraf karena mengandung unsur psikoaktif tertentu, yang membuat bir bertindak sebagai minuman memabukkan berbahaya. Selain itu, bir memiliki sifat seperti obat penenang, yang mempengaruhi memori dan kerja sensorimotor.

10. Mitos : Bir ini baik untuk ginjal karena sifat diuretiknya

Fakta : Bir mencuci keluar protein, lemak, karbohidrat dan unsur-unsur penting yang baik untuk tubuh kita terutama potasium, magnesium dan vitamin C. Kekurangan kalium dapat menyebabkan tubuh mengalami perubahan irama jantung, kulit kering, nyeri di kaki. Sedangkan kekurangan magnesium memicu gangguan tidur, mudah marah dan gugup. Kekurangan vitamin C dalam tubuh juga menyebabkan masalah kekebalan, penurunan konsentrasi dan ketidakseimbangan mental.

Sumber: guide2herbalremedies.com via kompas

Awas 5 Penyakit Berbahaya pada Pria

Selama ini, isu-isu seputar kesehatan pria sangat jarang diangkat dan cenderung disepelekan. Apakah ini karena stigma sosial atau ego para lelaki? Yang pasti, baik pria maupun wanita mempunyai risiko yang sama untuk mengidap suatu penyakit.

Oleh karena itu, sudah saatnya kita mulai membahas isu-isu tentang kesehatan pria. Para ahli mengimbau, pemeriksaan medis dan fisik yang teratur sangat dianjurkan untuk semua pria, terutama setelah mereja menginjak usia 30 tahun. Berikut ini adalah 5 jenis penyakit yang paling banyak mengincar kaum Adam. Beberapa di antaranya adalah penyakit-penyakit yang mematikan.

1. Penyakit jantung

Konsumsi makanan berlemak atau kolesterol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Di samping itu, kebiasaan merokok atau menggunakan produk tembakau diduga kuat menjadi penyebab utama munculnya penyakit ini. Kabar baiknya, Anda dapat mencegah penyakit ini dengan menjaga berat badan ideal, membatasi konsumsi alkohol, berhenti merokok, serta makan makanan bergizi, yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, serat gandum, daging tanpa lemak, serta ditunjang dengan olahraga.

2. Prostat

Kanker prostat adalah salah satu penyakit paling umum pada pria di atas 50 tahun. Deteksi dini adalah kunci utama untuk menentukan seberapa lama si penderita bisa bertahan hidup. Semakin dini ditemukan, maka semakin besar pula harapan hidup pasien. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, impotensi, dan gejala lainnya.

3. Kanker testis

Kanker testis memang jarang terjadi, tetapi patut diwaspadai. Kanker testis paling umum terjadi pada usia 20-39 tahun. Gejala dari bentuk kanker termasuk nyeri, bengkak, dan benjolan di testis atau pangkal paha. Salah satu upaya untuk pengobatan penyakit ini termasuk di antaranya pembedahan, radiasi, atau kemoterapi. Belum diketahui pasti apa penyebab penyakit ini.

4. Kanker paru-paru

Merokok adalah penyebab utama dari kanker paru-paru dan merupakan penyebab paling umum kematian akibat kanker pada pria. Beberapa literatur menyebutkan bahwa rokok sebagai penyebab utama dari sekitar 90 persen kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70 persen pada wanita. Semakin banyak rokok yang diisap, semakin besar risiko Anda untuk menderita kanker paru-paru.

5. Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang tidak mampu mempertahankan atau mencapai ereksi selama hubungan seksual. Faktor psikologis dan biologis dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan minat seorang pria untuk melakukan hubungan seksual. Disfungsi ereksi juga bisa diakibatkan berbagai faktor, seperti stres, penyakit, obat, atau masalah emosional. Berbicara terus terang dengan pasangan dan dokter tentang masalah seksual Anda adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Sumber: healthmeup.com

10 Resolusi Tahun Baru 2012

1 Januari 2012 sudah didepan mata. Ini saatnya merenungkan, apa saja yang sudah kita lakukan di tahun sebelumnya dan berharap memperbaikinya tahun depan. Apa saja resolusi terpopuler di awal tahun 2012?

Meluangkan waktu untuk keluarga dan teman

Banyak orang yang berharap mereka bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk keluarga dan kerabat. Cobalah untuk makan malam dengan keluarga beberapa kali dalam seminggu. Akhir pekan? Saatnya bersenang-senang dengan anak-anak. Atau, sisihkan waktu sebentar untuk bertemu teman-teman sepulang kantor.

Menjadi lebih fit, banyak olahraga

Awal tahun, tempat fitness dan sarana olahraga ramai dikunjungi. Tapi bulan berikutnya, sepi lagi. Tetaplah pada tujuan Anda. Pilihlah jadwal yang sesuai dengan kesibukan dan jadikan olahraga sebagai ritual harian.

Menurunkan Berat Badan

Satu-satunya cara tetap pada tujuan Anda adalah menetapkan target berapa banyak berat badan yang akan diturunkan setiap bulan. Buatlah perencanaan. Jangan gampang tergoda, makan banyak hari ini lalu bingung beberapa hari kemudian.

Berhenti merokok

Banyak yang gagal berhenti merokok tahun lalu. Jangan gampang menyerah. Ada bukti kuat, rokok menyebabkan kematian karena kanker paru-paru dan serangan jantung. Mulailah awal tahun dengan berhenti menghisap sebatang rokok.

Nikmati hidup, kelola stres

Kebanyakan orang mengaku stres sepanjang tahun. Nikmati hidup Anda, tentukan kapan waktunya “me time”. Kalau anda menyukai golf, sisihkanlah waktu di akhir pekan. Jika bisa bersantai dengan spa, buatlah janji di minggu pertama tahun baru. Buatlah tahun ini bebas kekhawatiran soal pekerjaan, uang dan masalah pribadi.

Bebas dari hutang

Anda dapat mengontrol keuangan pribadi. Tetapkan tujuan yang ketat untuk pengeluaran hutang dan membuat anggaran kuartal pertama 2012. Dengan ini, anda akan tahu berapa banyak uang yang bisa disimpan dan dihabiskan.

Pelajari hal baru

Apakah ingin belajar bahasa asing, hadir dalam konferensi atau seminar professional atau mengambil kelas menulis fiksi. Tahun 2012 adalah tahun bagi anda untuk belajar sesuatu yang baru. Manfaatkan minggu terakhir tahun ini untuk memilih kelas apa yang akan anda ambil.

Makan sehat dan kurangi alcohol

Banyak orang menghabiskan malam tahun baru dengan minum alkohol. Jika berencana untuk berhenti, cobalah kurangi di hari pertama tahun 2012. Diet bisa melelahkan, tapi makan sehat member efek positif pada tubuh. Jangan mudah jatuh ke kebiasaan lama yang merusak tubuh anda.

Menabung

Tidak hanya harus menyingkirkan hutang, resolusi tahun baru terpopuler adalah menyimpan uang. Buka rekening tabungan, dan sisihkan 30 persen dari gaji anda sebulan. Akhir tahun depan, anda akan punya sejumlah uang untuk berlibur atau berinvestasi.

Menjadi relawan

Banyak yang ingin menjadi relawan, tapi lebih banyak lagi yang sulit berkomitmen. Jika anda sulit meluangkan waktu, cobalah menyumbang ke badan-badan amal. Hal kecil seperti buku, makanan dan pakaian bekas bisa jadi berharga buat orang lain.

Sumber: IB News

Empat Langkah untuk Relaktasi

Relaktasi adalah sebuah proses untuk kembali menyusui. Beberapa kondisi dapat menyebabkan bayi tidak mendapatkan ASI, seperti: bayi diberi susu formula sejak lahir tanpa indikasi medis, bayi sakit sehingga tidak mampu atau tidak ada kesempatan untuk menyusu, ibu berhenti menyusui karena sakit atau bayi adalah anak adopsi.

Umumnya bayi tidak mendapatkan ASI karena kurangnya informasi dan keterampilan yang diberikan kepada ibu tentang menyusui.

Relaktasi dapat dimulai kapan pun. Bila bayi masih sesekali menyusu, dengan relaktasi produksi ASI akan meningkat dalam beberapa hari sehingga bayi tidak lagi membutuhkan susu formula atau MP-ASI sebelum waktunya.

Bila bayi telah berhenti menyusu, relaktasi akan merangsang kembalinya produksi ASI dalam waktu 1-2 minggu. Semakin muda bayi, semakin cepat produksi ASI kembali dapat memenuhi kebutuhan bayi.

Berikut adalah langkah-langkah relaktasi:

1. Bangun komunikasi 2 arah dengan ibu dan keluarga, cari penyebab bayi tidak menyusu.

2. Diskusikan keuntungan menyusui dan kerugian susu formula atau kerugian MP-ASI yang diberikan sebelum usia 6 bulan.

3. Bangun rasa percaya diri ibu dan beri dukungan.

4. Berikan langkah-langkah untuk kembali menyusui secara bertahap:
  • Bila bayi menggunakan botol dan kempeng, hentikan penggunaan botol dan kempeng. ASI perah / susu formula diberikan dengan gelas.
  • Ajarkan ibu mengenali tanda-tanda bayi ingin menyusu dan minta ibu untuk meletakkan bayi pada payudara setiap kali bayi ingin menyusu.
  • Lihat cara ibu memposisikan dan melekatkan bayi pada payudara, bila perlu perbaiki dan beri arahan.
  • Bila bayi menolak menyusu pada payudara karena belum ada ASI yang keluar, maka bayi dapat dirangsang untuk melekat pada payudara dengan meneteskan ASI perah / susu formula pada puting susu.
  • Bila bayi telah dapat melekat dengan baik pada payudara namun produksi ASI belum dapat memenuhi kebutuhan bayi, maka ASI perah atau susu formula dapat diberikan dengan bantuan selang yang dilekatkan pada payudara seperti pada gambar. ASI perah / susu formula sejumlah yang diperlukan bayi diletakkan dalam gelas. Selang NGT halus dilekatkan pada payudara sedemikian rupa sehingga ujung selang yang halus sejajar dengan ujung puting, sementara ujung selang yg besar terendam susu di dalam gelas.
Sebelum dan sesudah digunakan pastikan selang dan gelas telah dibersihkan dengan air matang hangat. ASI perah / susu formula dalam gelas dikurangi secara bertahap (kurangi 30-60 ml tiap harinya), seiring dengan meningkatnya produksi ASI sehingga pada akhirnya bayi kembali menyusu sepenuhnya.

Sumber: smallcrab

11 Cara Melamar Pasangan Terunik di 2011

Prosesi lamaran memang sangat mendebarkan, terutama bagi kaum pria. Namun, prosesi lamaran ini tak harus dilakukan dengan gaya klasik sambil berlutut dan menyodorkan cincin semata. Beberapa orang justru membuat prosesi lamaran ini menjadi unik dan tak terlupakan. Tambahkan beberapa kreasi imajinasi Anda agar berlutut dan melamar tak terkesan biasa.

Namun meski demikian di tahun 2011 ini, prosesi melamar ini tak hanya dilakukan oleh kaum pria saja, tapi juga kaum perempuan.

Berikut beberapa prosesi lamaran yang unik di Amerika sepanjang tahun 2011. Mungkin saja cocok dengan Anda yang berencana menikah 2012 nanti, dan berminat mengadopsi gaya lamaran unik ini:

1. Ksatria baju besi. Katherine dan Jack memang sangat suka mendaki gunung. Hal inilah yang kemudian menginspirasi Jack untuk melamar kekasihnya diatas gunung dan berdandan ala kesatria berbaju besi.

"Di atas gunung saya mulai mendengar alunan musik Renaissance kemudian saya bertanya pada Jack apa ia juga mendengarnya, tapi ia terus mengabaikan saya dan terus mendaki. Tiba-tiba, seorang teman kami berdandan dengan kostum naga keluar dari balik pohon dan mulai pura-pura menyerang. Jack pun merobek jaketnya dan ternyata ia sudah menggunakan baju besi. Ia berteriak pada saya ,'Jangan takut, aku akan melindungimu,'. Setelah mengalahkan naga ia mengambil tiara dari pohon dan berlutut sambil meminta saya untuk menjadi putri pasangan hidupnya dan menikah. Tentu saja aku bilang iya," kenang Katherine.

2. Pencurian mobil. Matt melamar Arianna dengan cara bekerjasama dengan polisi. "Matt adalah seorang perwira polisi, dan ketika ia dipanggil bertugas ia lupa membawa tasnya. dan saya pun menyusulnya, ketika kembali ke rumah mobil saya dilaporkan adalah mobil curian, akhirnya saya ditangkap dan dituduh minum-minuman keras. Tiba-tiba sebuah mobil polisi cadangan berhenti dan tiba-tiba aku melihat Matt berlutut dan berkata,'Sayang, hatikulah yang sudah kau curi. Maukah kau menikah dengan ku?' dan kujawab, ya," tukas Arianna.

3. Dokter gigi. Ryan berpura-pura mengeluh sakit gigi dan meminta Samantha untuk mengantarkan ke dokter gigi. Awalnya Samantha sempat ragu namun akhirnya ia tetap setuju dan mengantar Ryan ke dokter gigi. Namun kemudian asisten dokter tersebut mengajak Samantha masuk ke ruang periksa. "Mereka mengatakan bahwa ada yang salah dengan hasil sinar X gigi Ryan dan mereka minta aku melihatnya. Ternyata di bawah sinar X, di deretan gigi terlihat sebuah cincin berlian dan ia memintaku menikah dengannya," ungkap Samantha.

4. Hampa udara. Suatu saat Christian melamar Christina dengan beralasan mengajaknya pergi ke Vegas. Namun teryata mereka pergi melakukan penerbangan ke ruang hampa udara. Diakhir penerbangan, Christian memastikan semua benda sudah melayang-layang. "Kemudian dia melamar saya dan mengatakan bahwa cincin ini melayang di depan wajahku dan ini sangat ajaib," tukas Christina.

5. Lumba-lumba. Eric meminta bantuan seekor lumba-lumba sebagai 'pengantar' cincin untuk kekasihnya Ashley ketika mereka berlibur di Bahama. "Lumba-lumba tersebut menggigit sebuah kotak berpita dan di dalamnya berisi cincin dan kemudian saya melamarnya," ungkap Eric.

6. Museum. Museum ternyata juga bisa jadi tempat lamaran yang unik seperti yang dilakukan oleh Amanda dan kekasihnya. "Tunanganku melamarku sambil berlutut di tengah-tengah halaman museum dimana kami berdua menjadi 'turis' sehari dan ia memintaku untuk menikah dengannya," tukas Amanda.

7. Dunia lego. Permainan lego yang unik dan membutuhkan kreativitas tinggi ternyata di manfaatkan Randy untuk mengesankan kekasihnya Angela. Randy membuat replika Scarlett's house dari film Gone with the Wind yang merupakan film favorit Angela. Rumah ini tidak memiliki pegangan pintu dan Randy menyuruh kekasihnya untuk membuka atap rumahnya dan melihat ke dalamnya. "Di dalamnya ternyata ada sebuah cincin indah, dan ia melamarku," tukas Angela.

8. Harta terpendam. Prosesi unik lamaran pasangan Wilton dan Aqua dilakukan di bawah laut sambil melakukan scuba diving. Di Australia, Aqua pertama kali melakukan scuba diving, namun setelah kedalaman beberapa meter, ternyata Wilton sudah meletakkan sebuah 'peti harta karun'. "Saya sangat terkejut dan antusias untuk membukanya, namun setelah dibuka ternyata sebuah cincin dan ia melamar saya," kenang Aqua.

9. Makanan istimewa. Jika melamar dengan meletakkan cincin di dalam gelas minuman, sudah terlihat biasa coba saja gunakan makanan seperti yang dilakukan oleh Ken dan Nicole. Ketika merencakan kencan di akhir pekan, Ken membuat kejutan dengan menjemput Nicole dengan sebuah limosin dan mengantarnya untuk pergi ke salon dan mengantarnya kembali ke rumahnya.

"Ternyata Ken menunggu di rumah dan di dalam rumah saya ternyata ada chef Eric Wells yang memasak enam makanan untuk kami, kemudian ia berlutut dan melamar saya dengan cincin neneknya," tukas Nichole.

10.Perpustakaan. Siapa bilang buku itu membosankan, buktinya Paul melakukan sesuatu yang unik untuk melamar kekasihnya melalui buku. Dia merangkai sebuah ruangan yang dipenuhi dengan buku-buku yang dijual. Di satu sisinya, ia membuat sebuah buku kehidupannya dengan sang kekasih, dan di akhir buku ia pun meletakkan fotonya dengan menggunakan baju yang sama dan berlutut untuk melamar.

"Setelah dia membaca semua halaman buku dan sampai pada sampul belakang, saya pun berlutut dan melamarnya," tukas Paul.

11. Terjun payung. Jika lebih tertantang untuk melakukan sesuatu yang lebih ekstrim, terjun payung pun ternyata bisa dilakukan untuk melamar. "Tunangan saya melompat terlebih dahulu dari pesawat dan saya menyusul di belakangnya. Kemudian ketika melihat ke daratan, saya melihat sebuah spanduk besar bertuliskan 'Brandi, maukah kau menikah dengan ku?'. "Sesampai di darat, ia pun langsung berlutut dan memberikan cincin neneknya kepadaku," ujar Brandi.

Sumber: MSN

Tampil Modis Gaya Korea

Penampilan bintang Korea yang selalu terlihat sempurna dan menarik membuat banyak orang tertarik. Mulai dari Wonder Girls sampai SNSD, penampilan mereka selalu terlihat sempurna baik di luar maupun di atas panggung. Tak hanya memukau penggemar lewat aksi musiknya, gaya bintang K-pop ini pun mulai menjadi inspirasi. Contohnya Ayu Ting Ting yang mengaku terpengaruh gaya Korea dalam pilihan berbusananya.
Anda ingin tampil seperti mereka dengan gaya Korea? Yuk ikuti beberapa langkah berikut:

Atasan

Kenakan atasan unik dan simpel dengan gambar menarik. Warna merupakan elemen penting untuk menarik perhatian. Warna pastel yang cerah untuk kesan cute atau warna terang yang berani bisa digunakan sesuai dengan selera. Sering kali tak cukup satu potong atasan untuk membuat penampilan sempurna. Atasan pendek di atas perut dipadu dengan dalaman tanktop atau tanktop longgar dengan dalaman di lapisan dalam sering digunakan. Tak berhenti sampai di situ, untuk penampilan sehari-hari, cardigans ringan atau jaket yang unik menjadi lapisan terakhir kombinasi atasan ala bintang Korea.

Bawahan

Para bintang Korea tak segan-segan menunjukkan kemulusan paha mereka. Mini menjadi salah satu kata kunci dalam penampilan mereka. Entah celana pendek super mini atau rok mini yang cantik.
Jika memang harus menggunakan celana, pastikan celana tersebut cukup ketat di tubuh. Tentu karena rata-rata bintang Korea ini bertubuh ramping maka celana ketat baik dari bahan jeans maupun kulit membuat penampilan mereka makin sempurna. Legging warna-warni juga merupakan barang fashion yang umum digunakan untuk melengkapi atasan longgar.

Kaki

Dari bawahan kita tidak langsung lompat ke sepatu. Di tengah-tengah itu masih ada elemen penting yakni stocking atau kaus kaki panjang selutut. Ingat, umumnya warna yang digunakan adalah warna-warna cerah yang menarik perhatian. Warna yang digunakan juga bisa senada dengan aksesoris yang dikenakan.

Sepatu

Bintang Korea tak pernah main-main dalam memilih sepatu. Boots memang salah satu jenis sepatu yang umum digunakan mereka, umumnya boots yang setinggi lutut. Soal warna para bintang yang selalu tampil maksimal ini tak pernah ragu-ragu. Warna cerah dan motif print seringkali menjadi pilihan mereka. Untuk sepatu cantik, pilihan model strappy atau bertali hampir selalu jadi andalan.

Tas Tangan

Para bintang Korea, terutama wanita selalu memilih handbag yang simple dan cocok dengan busana mereka. Pilihan tas branded tentu saja jadi bawaannya, tapi kamu tidak perlu meniru membeli tas dengan jutaan rupiah, cukup pakai handbag yang simple, feminin dan bisa serasi dengan busana yang dipakai.

Aksesori

Nah ini salah satu elemen yang cukup penting dalam bergaya ala Korea. Topi, hiasan rambut, ikat pinggang yang menarik, dan gelang besar. Wanita Korea memang cukup senang mengenakan topi dan hiasan rambut dalam kesempatan busana sehari-hari. Aksesori tersebut membuat mereka terlihat semakin imut dan bergaya.

Tren Salon dan Spa 2012

Manjakan diri di salon dan spa menjadi alternatif lain mengisi waktu liburan. Kira-kira inovasi terbesar dan terbaru apa yang akan terjadi di industri perawatan tubuh ini? Berikut ini 10 perawatan tubuh yang diharapkan akan hadir di 2012 sesuai analisis SpaFinder:

1. Perawatan kesehatan kaki
Apakah kaki Anda sering cedera memakai sepatu hak tinggi? Manjakan kaki Anda dengan spa yang khusus menghadirkan pengobatan podiatri. Pengobatan itu mempelajari dan mendiagnosis gangguan pada kaki dan pergelangan kaki.

2. Perawatan dingin
Segala aspek perawatan tubuh ini dilengkapi fasilitas ruang es dan hujan salju. Semuanya diwujudkan dalam konsep sauna yang dirancang untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan otot dan sendi.

3. Perawatan mewah
Siapa yang tidak suka perawatan manikur, pengering rambut dan make-up berjalan? Perawatan kecantikan ini akan lebih mudah dan terjangkau. Nantinya kuku-kuku bisa dipercantik dengan kemewahan swarovski dan aplikasi make-up lengkap dengan ekstensi warna glamor.

4. Pembinaan kecantikan dan kesehatan
Lupakan sementara ahli gizi dan instruktur pilates. Tahun depan akan hadir fasilitas pelatih kesehatan, pelatih tidur dan asisten make-up. Semua kegiatan itu bisa dikonsultasikan melalui telepon, email dan Skype.

5. Paket Spa, wine dan kuliner
Untuk melengkapi perawatan spa akan tersedia paket gourmet yang menghadirkan hidangan mewah.

6. Terapi getaran, suara, musik, cahaya dan warna
Lelah dengan kebisingan?Anda bisa mencoba beberapa terapi termasuk terapi musik, terapi cahaya dan terapi getaran untuk meningkatkan sensorik tubuh dan pikiran.

7. Game kesehatan online
Setengah miliar orang di seluruh dunia bermain game online selama setengah jam sehari. Tahun 2012 diharapkan spa yang menawarkan meditasi dan latihan tersedia di game online demi menunjang gaya hidup sehat.

Sumber: micom

Hematuria atau Darah dalam Urine

Darah dalam urine disebut hematuria. Jika darah tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang, disebut gross hematuria. Sedangkan jika darah hanya dapat dilihat dibawah mikroskop disebut hematuria mikrokopik. Jika timbul hematuria, berarti telah terjadi kebocoran pembuluh darah dalam sistim saluran kemih, mungkin di ginjal, perlvis ginjal, ureter, kandung kencing, atau uretra.

Beberapa penyebab hematuria adalah:
  • Infeksi saluran kencing
  • Infeksi ginjal (Pielonefritis)
  • Glomerulonefritis
  • Batu ginjal atau batu buli-buli
  • Pembesaran prostat
  • Kanker ginjal atau prostat
  • Gangguan bawaan seperti anemia sel sabit, sindrom Alport
  • Cedera ginjal
  • Obat-obatan : aspirin, penisilin, warfarin, heparin, siklofosfamid.
  • Olahraga berat
Tidak ada pengobatan spesifik untuk hematuria. Pengobatannya tergantung pada penyebabnya:
  • Infeksi saluran kemih, biasanya diatasi dengan antibiotik.
  • Batu ginjal, dengan banyak minum. Jika batu tetap tidak keluar, dapat dilakukan ESWL atau pembedahan.
  • Pembesaran prostat, diatasi dengan obat-obatan atau pembedahan.
  • Kanker, dilakukan pembedahan, untuk mengangkat jaringan kanker, atau kemoterapi.
Faktor risiko untuk hematuria adalah orang berusia 40 tahun atau lebih, merokok, pekerjaan yang sering membuatnya terpapar bahan kimia, mengkonsumsi obat tertentu atau pernah melakukan iradiasi tulang panggul.

Ada 3 tipe hematuria, yaitu:
  • Initial hematuria, jika darah yang keluar saat awal kencing.
  • Terminal hematuria, jika darah yang keluar saat akhir kencing. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya tekanan pada akhir kencing yang membuat pembuluh darah kecil melebar.
  • Total hematuria, jika darah keluar dari awal hingga akhir kencing. Hal ini kemungkinan akibat darah sudah berkumpul dari salah satu organ seperti ureter atau ginjal.
Keluhan memegang peranan penting untuk menentukan ke arah mana pemeriksaan selanjutnya, seperti kapan terjadi hematuria, bagaimana nyerinya dan daerah mana yang terasa nyeri apakah di pinggang, perut bawah atau perut bagian tengah.

Untuk mendiagnosis hematuria biasanya dilakukan tes urin dengan menggunakan dipstick, jika hasilnya positif terdapat darah maka dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mikroskop, lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan cytology urine dan pemeriksaan fisik.

Jika dalam analisis urine ditemui adanya protein, nitrit atau leukosit, maka kemungkinan terjadi infeksi pada saluran urine (urine tract infection / UTI) yang bisa disebabkan oleh bakteri ataupun virus.

Hematuria bisa menjadi indikasi adanya gangguan yang serius pada tubuh dan biasanya terjadi tanpa adanya gejala yang muncul sehingga sering diabaikan. Selain itu, mengonsumsi air putih yang banyak sehingga warna urinenya lebih jernih tidak bisa menyembuhkan hematuria.

Sumber: smallcrab

Ferrari Millenio Mobil Iblis Ala Ferrari

Perancang Marko Petrovic berhasil menciptakan konsel Ferrari masa depan. Menariknya, mobil ini menjadi perpaduan sempurna antara ramah lingkungan.  Supercar ramah lingkungan ini termasuk ramping seperti pendahulunya. Ferrari Millenio ini merupakan mobil listrik (EV) berpenumbang dua yang dirancang untuk mendapat kekuatan dari matahari dan jalanan. Mobil menawan ini mendapat energi untuk kedua mesin listriknya menggunakan panel surya serta sistem transfer energi induktif yang mampu mendapat listrik dari stasiun pengisian ulang nirkabel. Eksterior mobil ini sangat tajam dan menawan dengan model menyerupai ‘iblis’. Bodi mobil ini terbuat dari buckypape yang merupakan bahan yang lebih ringan dibanding serat karbon dan lebih kuat dari baja. Berikut rancangan mobil super Ferrari tersebut:

Beberapa Kue Natal dengan Kandungan Gizi

Menjelang 25 Desember, berbagai hidangan kue biasanya disiapkan dalam menyambut hari Natal. Berikut ini informasi tentang nilai gizi yang terkandung dalam beberapa jenis kue Natal yang sering di hidangkan pada perayaan Natal.

Sugar Cookies
Sugar Cookies terbuat dari adonan mentega ini memiliki aneka bentuk yang menarik, serta dihiasi dengan icing sugar berwarna warni sebagai toping.
Informasi nilai gizi: kalori 192, total lemak 6.3 g, lemak jenuh 3.8 g, kolestrol 31 mg, sodium: 47 mg, karbohidrat 31.2 g, serat 6 g, gula 12.6 g dan protein 2.7 g.

Ginger Man Cookies
Kue dengan bentuk yang menyerupai manusia ini sering sihidangkan atau dijadikan kado natal. Perlu diketahui kue ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi yaitu: kalori 151, total lemak 4.3 g, lemak jenuh 2.1 g, kolestrol 13 mg, sodium 95 mg, karbohidrat 27.7 g, serat 3 g, gula 17.7 g dan protein 1.8 g.

Thumbprint Cookies
Meskipun menggunakan buah-buahan sebagai bahan dasar, kue ini ternyata memiliki jumlah kalori dan lemak yang cukup tinggi. Nilai gizinya: kalori 123, total lemak 7.7 g, lemak jenuh 3.2 g, kolestrol 21 mg, sodium 52 mg, karbohidrat 12.2 g, serat 5 g, gula 5.5 g dan protein 2.2 g.

Meringue Cookies
Kue yang manis dan teksturnya yang ringan membuat kue ini sangat digemari. Informasi nilai gizi: kalori 63, total lemak 0 g, lemak jenuh 0 g, kolestrol 0 mg, sodium 16 mg, karbohidrat 15.1 g, serat 5 g, gula 15.1 g dan protein 1.1 g.

Spritz Cookies
Kue gurih dari adonan mentega yang begitu renyah dan dihiasi dengan taburan gula warna warni ini memiliki nilai gizi: kalori 97, total lemak 5.5 g, lemak jenuh 3.3 g, kolestrol 25 mg, sodium 68 mg, karbohidrat 10.8 g, serat 2 g, gula 4.1 g dan protein 1.1 g.

Chocolate Chip Cookies
Kue klasik yang satu ini selalu menjadi salah satu pilihan utaman dan tidak pernah absen di Hari Natal.
Informasi nilai gizi: kalori 89, total lemak 4.7 g, lemak jenuh 2.4 g, kolestrol 15 mg, sodium 104 mg, karbohidrat 11.2 g, serat 3 g, gula 6.4 g dan protein 9 g.

Peanut Butter Kiss Cookies
Perpaduan rasa gula yang manis dan kacang yang gurih lengkap dengan setetes coklat sebagai toping membuat kue ini disukai oleh banyak orang. Nilai gizi: kalori 95, total lemak 5.4 g, lemak jenuh 2.4 g, kolestrol 11.1 mg, sodium 58.9 mg, karbohidrat 20.6 g, serat 5 g, gula 6.7 g dan protein 2.1 g.

Chocolate Rum Balls
Tidak kalah dengan kue khas Natal yang lainnya, Chocolate Rum Balls juga memiliki banyak penggemar berkat aroma rum yang terkandung di dalamnya. Dan, ternyata kandungan kalorinya cukup rendah!
Informasi nilai gizi: kalori 65, total lemak 3.2 g, lemak jenuh 4 g, kolestrol 3 mg, sodium 17 mg, karbohidrat 7.4 g, serat 5 g, gula 4.2 g dan protein 1.3 g.

Sumber: Majalah Fimena

Macam-macam Jenis Obat dan Penggunaannya

Berikut ini adalah macam-macam jenis obat dan tujuan penggunaannya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pulvis (Serbuk)

Merupakan campuran kering bahan obat atau zat kimia yang dihaluskan, ditujukan untuk pemakaian oral atau untuk pemakaian luar.

2. Pulveres

Merupakan serbuk yang dibagi dalam bobot yang lebih kurang sama, dibungkus menggunakan bahan pengemas yang cocok untuk sekali minum.

Tablet (Compressi)

Merupakan sediaan padat kompak dibuat secara kempa cetak dalam bentuk tabung pipih atau sirkuler kedua permukaan rata atau cembung mengandung satu jenis obat atau lebih dengan atau tanpa bahan tambahan.
  • Tablet Kempa : paling banyak digunakan, ukuran dapat bervariasi, bentuk serta penandaannya tergantung design cetakan.
  • Tablet Cetak : dibuat dengan memberikan tekanan rendah pada massa lembab dalam lubang cetakan.
  • Tablet Trikurat : tablet kempa atau cetak bentuk kecil umumnya silindris. Sudah jarang ditemukan
  • Tablet Hipodermik : dibuat dari bahan yang mudah larut atau melarut sempurna dalam air. Dulu untuk membuat sediaan injeksi hipodermik, sekarang diberikan secara oral.
  • Tablet Sublingual : dikehendaki efek cepat (tidak lewat hati). Digunakan dengan meletakkan tablet di bawah lidah.
  • Tablet Bukal : digunakan dengan meletakkan di antara pipi dan gusi.
  • Tablet Efervescen : tablet larut dalam air. Harus dikemas dalam wadah tertutup rapat atau kemasan tahan lembab. Pada etiket tertulis “tidak untuk langsung ditelan”.
  • Tablet Kunyah : cara penggunaannya dikunyah. Meninggalkan sisa rasa enak di rongga mulut, mudah ditelan, tidak meninggalkan rasa pahit, atau tidak enak.
4. Pilulae (PIL)

Merupakan bentuk sediaan padat bundar dan kecil mengandung bahan obat dan dimaksudkan untuk pemakaian oral. Saat ini sudah jarang ditemukan karena tergusur tablet dan kapsul. Masih banyak ditemukan pada seduhan jamu.

5. Kapsulae (Kapsul)

Merupakan sediaan padat yang terdiri dari obat dalam cangkang keras atau lunak yang dapat larut. Keuntungan/tujuan sediaan kapsul yaitu:
  • Menutupi bau dan rasa yang tidak enak
  • Menghindari kontak langsung dengan udara dan sinar matahari
  • Lebih enak dipandang
  • Dapat untuk 2 sediaan yang tidak tercampur secara fisis (income fisis), dengan pemisahan antara lain menggunakan kapsul lain yang lebih kecil kemudian dimasukkan bersama serbuk lain ke dalam kapsul yang lebih besar.
  • Mudah ditelan.
6. Solutiones (Larutan)

Merupakan sediaan cair yang mengandung satu atau lebih zat kimia yang dapat larut, biasanya dilarutkan dalam air, yang karena bahan-bahannya, cara peracikan atau penggunaannya, tidak dimasukkan dalam golongan produk lainnya (Ansel). Dapat juga dikatakan sediaan cair yang mengandung satu atau lebih zat kimia yang larut, misalnya terdispersi secara molekuler dalam pelarut yang sesuai atau campuran pelarut yang saling bercampur. Cara penggunaannya yaitu larutan oral (diminum) dan larutan topikal (kulit).

7. Suspensi

Merupakan sediaan cair yang mengandung partikel padat tidak larut terdispersi dalam fase cair. Macam suspensi antara lain: suspensi oral (juga termasuk susu/magma), suspensi topikal (penggunaan pada kulit), suspensi tetes telinga (telinga bagian luar), suspensi optalmik, suspensi sirup kering.

8. Emulsi

Merupakan sediaan berupa campuran dari dua fase cairan dalam sistem dispersi, fase cairan yang satu terdispersi sangat halus dan merata dalam fase cairan lainnya, umumnya distabilkan oleh zat pengemulsi.

9. Galenik

Merupakan sediaan yang dibuat dari bahan baku yang berasal dari hewan atau tumbuhan yang disari.

10. Extractum

Merupakan sediaan pekat yang diperoleh dengan mengekstraksi zat dari simplisia nabati atau simplisia hewani menggunakan pelarut yang sesuai, kemudian semua atau hampir semua pelarut diuapkan dan massa atau serbuk yang tersisa diperlakukan sedemikian sehingga memenuhi baku yang ditetapkan.

11. Infusa

Merupakan sediaan cair yang dibuat dengan mengekstraksi simplisia nabati dengan air pada suhu 900 C selama 15 menit.

12. Immunosera (Imunoserum)

Merupakan sediaan yang mengandung Imunoglobin khas yang diperoleh dari serum hewan dengan pemurnian. Berkhasiat menetralkan toksin kuman (bisa ular) dan mengikat kuman/virus/antigen.

13. Unguenta (Salep)

Merupakan sediaan setengah padat ditujukan untuk pemakaian topikal pada kulit atau selaput lendir. Dapat juga dikatakan sediaan setengah padat yang mudah dioleskan dan digunakan sebagai obat luar. Bahan obat harus larut atau terdispersi homogen dalam dasar salep yang cocok.

14. Suppositoria

Merupakan sediaan padat dalam berbagai bobot dan bentuk, yang diberikan melalui rektal, vagina atau uretra, umumnya meleleh, melunak atau melarut pada suhu tubuh. Tujuan pengobatan yaitu:
  • Penggunaan lokal : memudahkan defekasi serta mengobati gatal, iritasi, dan inflamasi karena hemoroid.
  • Penggunaan sistemik : aminofilin dan teofilin untuk asma, chlorprozamin untuk anti muntah, chloral hydrat untuk sedatif dan hipnotif, aspirin untuk analgenik antipiretik.
15. Guttae (Obat Tetes)

Merupakan sediaan cairan berupa larutan, emulsi, atau suspensi, dimaksudkan untuk obat dalam atau obat luar, digunakan dengan cara meneteskan menggunakan penetes yang menghasilkan tetesan setara dengan tetesan yang dihasilkan penetes beku yang disebutkan Farmacope Indonesia. Sediaan obat tetes dapat berupa antara lain: Guttae (obat dalam), Guttae Oris (tets mulut), Guttae Auriculares (tetes telinga), Guttae Nasales (tetes hidung), Guttae Ophtalmicae (tetes mata).

16. Injectiones (Injeksi)

Merupakan sediaan steril berupa larutan, emulsi atau suspensi atau serbuk yang harus dilarutkan atau disuspensikan lebih dahulu sebelum digunakan, yang disuntikkan dengan cara merobek jaringan ke dalam kulit atau melalui kulit atau selaput lendir. Tujuannya yaitu kerja obat cepat serta dapat diberikan pada pasien yang tidak dapat menerima pengobatan melalui mulut.

10 Tips PDKT ala Binatang

Pendekatan dengan seseorang atau istilah yang umum PDKT, tidak hanya hanya bisa kita pelajari dari sesama manusia saja. Beberapa cara binatang untuk mempesona lawan jenisnya juga bisa dijadikan pelajaran. Simak sembilang tips PDKT ini, seperti dirangkum dari situs sosial media Care2.

1. Berbaur Seperti Pinguin
Di akhir musim semi, para pinguin jantan berkumpul membentuk koloni untuk menunggu pinguin betina. Ketika para pinguin betina datang, para pinguin jantan melakukan aksi untuk menarik para betina sampai mereka menemukan pasangannya masing-masing. Jadi, selama masih single, berbaurlah dengan teman-teman pria single lainnya. Siapa tahu, dari sekian banyak teman pria, ada satu orang yang berpotensi jadi pasangan Anda.

2. Tampil Menarik Seperti Burung Merak
Merak jantan akan menarik sang betina dengan memamerkan ekornya yang sangat mempesona. Tiru gaya menarik perhatian lawan jenis dari burung merak jantan tersebut. Berpenampilanlah sebaik mungkin, agar mendapatkan nilai tambah di awal pertemuan.

3. Berjiwa Petualang Seperti Kumbang
Kumbang selalu membuat sebuah gumpalan dari tanah dan material lainnya yang dia lewati sepanjang jalan. Jiwa petualang kumbang bisa dicontoh dalam kehidupan manusia dengan berkencan ke tempat-tempat yang menarik dan memacu adrenalin.

4. Tetap Tenang Seperti Kupu-kupu
Kupu-kupu betina jenis Squinting Bush Brown, berusaha tetap tenang saat kupu-kupu jantan mendekat ke arahnya. Hal ini semakin membuat kupu-kupu jantan semakin agresif mengejar kupu-kupu betina. Tirulah sikap si kupu-kupu betina tersebut. Meskipun Anda grogi saat kencan pertama dengan calon pasangan, berusahalah terlihat tenang dan sewajar mungkin. Semakin Anda tenang, semakin dia penasaran.

5. Menjaga Kebersihan Seperti Bowerbird
Bowerbird adalah burung yang terkenal rapi dan penyuka kebersihan. Dia menarik lawan jenisnya dengan memamerkan sarang burung yang rapi, bersih dan penuh hiasan warna-warni. Bersihkanlah rumah Anda, undang pasangan Anda untuk makan malam di rumah dan pamerkan betapa bersih dan rapinya tempat tinggal Anda.

6. Move Like Sea Dragon (Kuda Laut)
Bukan hanya Mick Jagger yang mampu menari dengan atraktif. Seekor kuda laut juga melakukan tarian atraktif untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Saat di sebuah konser atau klub gerakkanlah tubuh Anda mengikuti irama musik, buatlah semua mata kagum dengan gerakan yang Anda buat.

7. Bernyanyi Seperti Koala
Saat musim kawin tiba, koala jantan akan bernyanyi untuk menarik perhatian koala betina. Walaupun mungkin suara Anda tidak terlalu bagus, trik ini bisa Anda gunakan untuk menarik calon pasangan Anda. Pilihlan lagu kesukaannya saat Anda berdua sedang berkaraoke dan nyanyikanlah lagu tersebut untuknya. Pasti dia akan terpukau.

8. Memberikan Makanan Kepada Pasangan Seperti Burung Robin
Ada pepatah yang mengatakan jalan menuju hati seorang pria adalah melalui perutnya. Strategi seperti ini juga dijalankan oleh burung Robin dan Kardinal. Mereka menarik lawan jenisnya dengan memberikan hadiah berupa cacing. Untuk Anda, sesekali kejutkan si dia dengan memberi hadiah berupa makanan favoritnya, atau cobalah untuk belajar memasak menu kesukaan si dia.

9. Menunjukkan Kegigihan Seperti Landak
Landak adalah binatang yang cukup keras kepala dalam masalah percintaan. Sang betina tidak dapat ditaklukkan hanya dengan atraksi dari sang jantan. Sang jantan harus menunjukkan kegigihannya dalam waktu yang cukup lama sampai sang betina luluh. Anda juga bisa meniru cara mendekati pasangan dari landak jantan. Tunjukkanlah perhatian Anda kepada pria yang Anda suka, buatlah dia nyaman dengan perhatian Anda. Lama kelamaan si dia sendiri yang akan mencari Anda.

10. Jangan bercinta seperti Raja Singa
Singa atau lion adalah si raja hutan yang buas, dalam urusan bercinta tentu jangan meniru seperti ini, bebas bercinta kapapun dan dimanapun bertemu lawan jenis, karena bisa tertular penyakit si Raja Singa. Lakukan pendekatan dan pacaran ala kadarnya saja lalu bercintalah sesuka hati setelah resmi menikah.

Ganja dalam Dunia Pengobatan

Marijuana atau tanaman ganja (canabbis sativa) di banyak negara digolongkan ke dalam narkotika. Meski sebenarnya tanaman ini memiliki manfaat dalam dunia pengobatan, tetapi beberapa badan pengawas obat menyatakan ganja ilegal dan kurang disetujui penggunaannya.

Laporan bertajuk Marijuana and Medicine: Assessing the Science Base, merupakan salah satu kajian paling komperhensif mengenai ganja yang ditulis tahun 1999 oleh organisasi medis nonpemerintah, Institute of Medicine. Dalam laporan ini diuraikan secara rinci apa saja plus minus penggunaan ganja.

Kandungan aktif dalam ganja atau marijuana, cannabinoid atau dikenal dengan THC, diketahui memiliki nilai medis. Namun sampai saat ini masih diperdebatkan apakah manfaat THC lebih besar daripada kekurangannya.

Risiko overdosis

Sampai saat ini, sebenarnya belum ditemukan laporan adanya orang yang mati karena overdosis ganja. Tapi jika dikonsumsi dalam jumlah besar tetap saja memiliki efek yang buruk. Sebagai perbandingan, setiap tahunnya tercatat 5.000 kasus kematian akibat kelebihan alkohol. Karena itu banyak yang mengatakan bahwa ganja lebih aman dibanding obat lain, seperti alkohol.

Pengaruh pada memori

Ganja memang merusak ingatan jangka pendek, tetapi hanya ketika seseorang sedang mabuk. Penelitian pernah menunjukkan THC berdampak negatif pada memori dan penggunaan ganja dalam jangka panjang bisa merusak memori secara permanen.

Adiksi

Drug Enforcement Administration (DEA) melarang penggunaan ganja dengan tiga alasan utama, yakni manfaat medis dari tanaman ganja bisa digantikan oleh obat lain yang lebih efektif serta penggunaan ganja bisa menyebabkan kecanduan.

Namun sebenarnya argumen tersebut bisa dipatahkan. Saat ini di pasaran banyak terdapat obat yang cara kerjanya sama dan semuanya mendapat persetujuan. Selain itu potensi kecanduan bukan menjadi dasar dalam penetapan klasifikasi legal sebuah obat. Berbagai studi menyebutkan bahwa pada intinya ganja tidak menimbulkan adiksi.

Pengaruh pada sistem imun

Beberapa pendapat menyatakan orang yang menghisap ganja akan memiliki sistem imun yang rendah karena ganja menghambat aktivitas sel T. Karena itu orang yang sistem kekebalannya rendah seperti penyandang HIV lebih rentan pada infeksi. Pendapat lain mengatakan bahwa gangguan imunitas hanya terjadi pada paru jika ganja tersebut dihisap.

Pengaruh pada jantung

Bukti-bukti teranyar menyatakan bahwa penggunaan ganja dalam jangka panjang tidak terbukti menyebabkan gangguan kardiovaskular pada orang yang normal.

Sumber : FOXNews via kompas

10 Hadiah yang Paling Tak Disukai Pria

Memberikan hadiah kepada orang yang dicintai memang gampang-gampang susah.  Anda perlu benar-benar tahu apa yang disukainya, bukan sekadar menerka apalagi menurut Anda si dia akan menyukai pemberian Anda. Jangan juga memberikan hadiah sekadar untuk memenuhi keinginan Anda, apalagi memaksakan si dia mengikuti selera Anda.

Seperti yang dilansir oleh kompas, ternyata ada beberapa benda yang tak disukai pria. Anda boleh menjadikannya referensi, meski setiap pria tentunya punya selera berbeda.

1. Kartu ucapan.
Boleh jadi karakter ceplas-ceplos tanpa basa-basi membuat sejumlah pria tak menyukai kartu ucapan. Kartu ucapan mungkin bermakna bagi Anda, namun belum tentu pria berpikiran sama dengan Anda.

2. Elektronik.
Benda elektronik identik dengan dunia pria. Namun, jangan asal memilih barang elektronik, apalagi benda yang tak fungsional. Lebih baik kenali lebih dahulu kebutuhan pasangan Anda, dan ikuti perkembangan teknologi terkini bersamanya. Pria punya perhatian lebih dengan teknologi, dan selalu mengikuti kecanggihannya. Bagi pria tipe ini, segala sesuatu yang bukan merupakan produk teknologi terkini dianggap tak dapat memenuhi kebutuhannya dan akhirnya tidak fungsional.

3. Sweater.
Kunci utama saat akan membelikan hadiah untuk pasangan adalah, kenali kebutuhan dan tipenya. Jika menurut Anda, sweater akan terlihat bagus saat dikenakan si dia, belum tentu ia sepakat dengan Anda. Jangan sekadar menduga si dia akan menyukainya, tetapi perhatikan seperti apa gaya penampilannya dan belikan hadiah sesuai kepribadiannya.

4. Koleksi merchandise.
Si dia penggemar setia sebuah klub olahraga. Anda mengira, ia akan menyukai hadiah berupa berbagai merchandise terkait klub kesukaannya. Boleh jadi si dia menyukainya, namun jika setiap tahun Anda memberikan benda yang sama atau berbagai barang dari tim sepakbola kesukaannya, siapa pun akan merasa bosan dibuatnya, bukan?

5. Perkakas renovasi rumah.
Pria seringkali mendapati peran pekerjaan kasar di rumah tangga, seperti merenovasi rumah. Namun, membelikan pasangan Anda seperangkat perkakas renovasi rumah bukan ide yang baik. Ini berkesan, Anda seperti memberikan tugas dan pekerjaan kepadanya, bukan untuk memberikan hadiah yang menyenangkan hatinya.

6. Produk perawatan kulit.
Perempuan menggemari produk perawatan kulit dengan aroma yang menenangkan dan menyegarkan. Tapi pasangan Anda belum tentu memiliki selera yang sama. Hindari membelikan produk perawatan kulit yang menurut Anda, si dia akan menyukainya. Jika ingin memberikan produk perawatan tubuh, ajak si dia berbelanja bersama Anda, sehingga Anda bisa mengenali seperti apa seleranya. Lain waktu, jika ingin membelikan hadiah produk perawatan tubuh, Anda tak salah pilih.

7. Pijat.
Pijatan memberikan efek relaksasi yang dibutuhkan perempuan dengan segala peran yang dijalankannya. Anda pun rela membayar mahal untuk menikmati "Me Time" ini. Namun, tak semua pria menyukainya. Mengajak pasangan Anda spa bersama, sementara ia tak nyaman dengannya, akan merubah niat baik Anda memberikan hadiah justru menjadi bencana.

8. Kaos dalaman putih.
Untuk memberikan hadiah yang tepat bagi pria, kuncinya, tanyakan apa kebutuhannya. Meski menurut Anda, si dia suka mengenakan kaos dalaman putih, bukan berarti ia membutuhkan tambahan kaos baru lagi.

9. Produk keramik.
Coba perhatikan gaya pria berbelanja. Kebanyakan pria membeli beberapa barang yang memang dibutuhkannya dan fungsional. Jika Anda menyukai produk keramik yang indah dan berharga tinggi bernilai seni, belum tentu pasangan Anda berpikiran sama.

10. Dasi.
Lagi-lagi, jika Anda ingin membelikan produk fashion untuk pasangan, sebaiknya kenali selera dan gaya penampilannya. Bukan mengacu pada selera atau kesukaan Anda. Termasuk saat memilih dasi. Anda bisa mengenali seperti apa gaya busana yang disukainya, dengan berbelanja kebutuhan bersama-sama misalnya. Jadi, saat akan membelikannya hadiah, Anda sudah paham betul seperti apa seleranya dalam berpenampilan.

5 Jenis Penyakit Akibat Pencemaran Partikel Debu

Pencemaran udara oleh partikel dapat disebabkan karena peristiwa alamiah dan dapat pula disebabkan karena ulah manusia, lewat kegiatan industri dan teknologi. Partikel yang mencemari udara banyak macam dan jenisnya, tergantung pada macam dan jenis kegiatan industri dan teknologi yang ada. Mengenai macam dan jenis partikel pencemar udara serta sumber pencemarannya telah banyak

Secara umum partikel yang mencemari udara dapat merusak lingkungan, tanaman, hewan dan manusia. Partikel-partikel tersebut sangat merugikan kesehatan manusia. Pada umumnya udara yang telah tercemar oleh partikel dapat menimbulkan berbagai macam penyakit saluran pernapasan atau pneumoconiosis.

Pada saat orang menarik nafas, udara yang mengandung partikel akan terhirup ke dalam paru-paru. Ukuran partikel (debu) yang masuk ke dalam paru-paru akan menentukan letak penempelan atau pengendapan partikel tersebut. Partikel yang berukuran kurang dari 5 mikron akan tertahan di saluran nafas bagian atas, sedangkan partikel berukuran 3 sampai 5 mikron akan tertahan pada saluran pernapasan bagian tengah. Partikel yang berukuran lebih kecil, 1 sampai 3 mikron, akan masuk ke dalam kantung udara paru-paru, menempel pada alveoli. Partikel yang lebih kecil lagi, kurang dari 1 mikron, akan ikut keluar saat nafas dihembuskan.

Pneumoconiosis adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh adanya partikel (debu) yang masuk atau mengendap di dalam paru-paru. Penyakit pnemokoniosis banyak jenisnya, tergantung dari jenis partikel (debu) yang masuk atau terhisap ke dalam paru-paru. Beberapa jenis penyakit pneumoconiosis yang banyak dijumpai di daerah yang memiliki banyak kegiatan industri dan teknologi, yaitu Silikosis, Asbestosis, Bisinosis, Antrakosis dan Beriliosis.

1. Penyakit Silikosis

Penyakit Silikosis disebabkan oleh pencemaran debu silika bebas, berupa SiO2, yang terhisap masuk ke dalam paru-paru dan kemudian mengendap. Debu silika bebas ini banyak terdapat di pabrik besi dan baja, keramik, pengecoran beton, bengkel yang mengerjakan besi (mengikir, menggerinda, dll). Selain dari itu, debu silika juka banyak terdapat di tempat di tempat penampang bijih besi, timah putih dan tambang batubara. Pemakaian batubara sebagai bahan bakar juga banyak menghasilkan debu silika bebas SiO2. Pada saat dibakar, debu silika akan keluar dan terdispersi ke udara bersama – sama dengan partikel lainnya, seperti debu alumina, oksida besi dan karbon dalam bentuk abu.

Debu silika yang masuk ke dalam paru-paru akan mengalami masa inkubasi sekitar 2 sampai 4 tahun. Masa inkubasi ini akan lebih pendek, atau gejala penyakit silicosis akan segera tampak, apabila konsentrasi silika di udara cukup tinggi dan terhisap ke paru-paru dalam jumlah banyak. Penyakit silicosis ditandai dengan sesak nafas yang disertai batuk-batuk. Batuk ii seringkali tidak disertai dengan dahak. Pada silicosis tingkah sedang, gejala sesak nafas yang disertai terlihat dan pada pemeriksaan fototoraks kelainan paru-parunya mudah sekali diamati. Bila penyakit silicosis sudah berat maka sesak nafas akan semakin parah dan kemudian diikuti dengan hipertropi jantung sebelah kanan yang akan mengakibatkan kegagalan kerja jantung.

Tempat kerja yang potensial untuk tercemari oleh debu silika perlu mendapatkan pengawasan keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan yang ketat sebab penyakit silicosis ini belum ada obatnya yang tepat. Tindakan preventif lebih penting dan berarti dibandingkan dengan tindakan pengobatannya. Penyakit silicosis akan lebih buruk kalau penderita sebelumnya juga sudah menderita penyakit TBC paru-paru, bronchitis, astma broonchiale dan penyakit saluran pernapasan lainnya.

Pengawasan dan pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi pekerja akan sangat membantu pencegahan dan penanggulangan penyakit-penyakit akibat kerja. Data kesehatan pekerja sebelum masuk kerja, selama bekerja dan sesudah bekerja perlu dicatat untuk pemantulan riwayat penyakit pekerja kalau sewaktu – waktu diperlukan.

2. Penyakit Asbestosis

Penyakit Asbestosis adalah penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh debu atau serat asbes yang mencemari udara. Asbes adalah campuran dari berbagai macam silikat, namun yang paling utama adalah Magnesium silikat. Debu asbes banyak dijumpai pada pabrik dan industri yang menggunakan asbes, pabrik pemintalan serat asbes, pabrik beratap asbes dan lain sebagainya.

Debu asbes yang terhirup masuk ke dalam paru-paru akan mengakibatkan gejala sesak napas dan batuk-batuk yang disertai dengan dahak. Ujung-ujung jari penderitanya akan tampak membesar / melebar. Apabila dilakukan pemeriksaan pada dahak maka akan tampak adanya debu asbes dalam dahak tersebut. Pemakaian asbes untuk berbagai macam keperluan kiranya perlu diikuti dengan kesadaran akan keselamatan dan kesehatan lingkungan agar jangan sampai mengakibatkan asbestosis ini.

3. Penyakit Bisinosis

Penyakit Bisinosis adalah penyakit pneumoconiosis yang disebabkan oleh pencemaran debu napas atau serat kapas di udara yang kemudian terhisap ke dalam paru-paru. Debu kapas atau serat kapas ini banyak dijumpai pada pabrik pemintalan kapas, pabrik tekstil, perusahaan dan pergudangan kapas serta pabrik atau bekerja lain yang menggunakan kapas atau tekstil; seperti tempat pembuatan kasur, pembuatan jok kursi dan lain sebagainya.

Masa inkubasi penyakit bisinosis cukup lama, yaitu sekitar 5 tahun. Tanda-tanda awal penyakit bisinosis ini berupa sesak napas, terasa berat pada dada, terutama pada hari Senin (yaitu hari awal kerja pada setiap minggu). Secara psikis setiap hari Senin bekerja yang menderita penyakit bisinosis merasakan beban berat pada dada serta sesak nafas. Reaksi alergi akibat adanya kapas yang masuk ke dalam saluran pernapasan juga merupakan gejala awal bisinosis. Pada bisinosis yang sudah lanjut atau berat, penyakit tersebut biasanya juga diikuti dengan penyakit bronchitis kronis dan mungkin juga disertai dengan emphysema.

4. Penyakit Antrakosis

Penyakit Antrakosis adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh debu batubara. Penyakit ini biasanya dijumpai pada pekerja-pekerja tambang batubara atau pada pekerja-pekerja yang banyak melibatkan penggunaan batubara, seperti pengumpa batubara pada tanur besi, lokomotif (stoker) dan juga pada kapal laut bertenaga batubara, serta pekerja boiler pada pusat Listrik Tenaga Uap berbahan bakar batubara.

Masa inkubasi penyakit ini antara 2 – 4 tahun. Seperti halnya penyakit silicosis dan juga penyakit-penyakit pneumokonisosi lainnya, penyakit antrakosis juga ditandai dengan adanya rasa sesak napas. Karena pada debu batubara terkadang juga terdapat debu silikat maka penyakit antrakosis juga sering disertai dengan penyakit silicosis. Bila hal ini terjadi maka penyakitnya disebut silikoantrakosis. Penyakit antrakosis ada tiga macam, yaitu penyakit antrakosis murni, penyakit silikoantraksosis dan penyakit tuberkolosilikoantrakosis.

Penyakit antrakosis murni disebabkan debu batubara. Penyakit ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk menjadi berat, dan relatif tidak begitu berbahaya. Penyakit antrakosis menjadi berat bila disertai dengan komplikasi atau emphysema yang memungkinkan terjadinya kematian. Kalau terjadi emphysema maka antrakosis murni lebih berat daripada silikoantraksosis yang relatif jarang diikuti oleh emphysema. Sebenarnya antara antrakosis murni dan silikoantraksosi sulit dibedakan, kecuali dari sumber penyebabnya. Sedangkan paenyakit tuberkolosilikoantrakosis lebih mudah dibedakan dengan kedua penyakit antrakosis lainnya. Perbedaan ini mudah dilihat dari fototorak yang menunjukkan kelainan pada paru-paru akibat adanya debu batubara dan debu silikat, serta juga adanya baksil tuberculosis yang menyerang paru-paru.

5. Penyakit Beriliosis

Udara yang tercemar oleh debu logam berilium, baik yang berupa logam murni, oksida, sulfat, maupun dalam bentuk halogenida, dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang disebut beriliosis. Debu logam tersebut dapat menyebabkan nasoparingtis, bronchitis dan pneumonitis yang ditandai dengan gejala sedikit demam, batuk kering dan sesak napas. Penyakit beriliosis dapat timbul pada pekerja-pekerja industri yang menggunakan logam campuran berilium, tembaga, pekerja pada pabrik fluoresen, pabrik pembuatan tabung radio dan juga pada pekerja pengolahan bahan penunjang industri nuklir.

Selain dari itu, pekerja-pekerja yang banyak menggunakan seng (dalam bentuk silikat) dan juga mangan, dapat juga menyebabkan penyakit beriliosis yang tertunda atau delayed berryliosis yang disebut juga dengan beriliosis kronis. Efek tertunda ini bisa berselang 5 tahun setelah berhenti menghirup udara yang tercemar oleh debu logam tersebut. Jadi lima tahun setelah pekerja tersebut tidak lagi berada di lingkungan yang mengandung debu logam tersebut, penyakit beriliosis mungkin saja timbul. Penyakit ini ditandai dengan gejala mudah lelah, berat badan yang menurun dan sesak napas. Oleh karena itu pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi pekerja-pekerja yang terlibat dengan pekerja yang menggunakan logam tersebut perlu dilaksanakan terus menerus.

sumber: smallcrab

Metode Diet Berdasarkan Zodiak

Bicara masalah zodiak sering dibahas tentang ramalan-ramalan untuk melihat keberuntungan seperti halnya rezeki, jodoh, keuangan, karir dan lain sebagainya. Untuk masalah kesehatan, banyak para ahli horoskop (perbintangan) yang menghubungkan zodiak dengan masalah - masalah kesehatan termasuk dalam hal diet. Berikut metode diet berdasarkan zodiak tersebut:

Aquarius (21 Januari – 19 Februari) : Cenderung mudah tergoda pada program diet yang singkat. Alhasil rentan terkena efek yoyo, yaitu mengalami pertambahan bobot badan setelah berhenti berdiet. Sebaiknya jadikan pola makan sehat sebagai kebiasaan ketimbang program jangka pendek.

Pisces (20 Februari – 20 Maret) : Orang yang bernaung di zodiak ini memiliki kecendrungan untuk mudah dipengaruhi orang. Itu mengapa dalam menjalani program diet, para pisces butuh banyak dorongan dari orang-orang terdekatnya agar sampai pada target diet.

Aries ( 21 Maret – 19 April) : Sangat mudah untuk dialihkan karena biasanya orang di bawah naungan Aries tak sabar untuk menjalanin proses diet. Itu mengapa, program diet yang terlalu ketat tidak akan berjalan sukses pada orang Aries.

Taurus ( 20 April – 20 Mei) : Merupakan orang yang sangat menyukai olahraga karena kecendrungan memiliki metabolisme tubuh yang lambat. Tapi kelebihannya adalah mereka sangat tekun dalam menjalani berbagai rangkaian program diet.

Gemini (21 Mei – 19 Juni) : Kebalikan dari Taurus, orang di bawah naungan bintang Gemini biasanya tidak sabaran. Tapi memiliki keinginan yang sangat besar untuk melakukan perubahan di dalam hidupnya. Itu mengapa, Taurus dan Gemini bisa menjadi pasangan yang cocok pada program diet, karena keduanya bisa saling melengkapi.

Cancer (20 Juni – 20 Juli) : Kebanyakan orang yang berada di rasi bintang ini adalah pecinta makanan dan cenderung menjadi emotional eater. Siasati hobi makan ini dengan memilih makanan-makanan yang sehat sehingga lingkar pinggang tetap aman.

Leo (21 Juli – 19 Agustus) : Sangat cepat beradaptasi dengan metode diet terbaru. Tapi ini bisa jadi bumerang apabila program diet hanya semangat dilakukan di awal-awal program.

Virgo (20 Agustus – 20 September) : Merupakan orang yang sangat praktis, jadi metode diet yang dipilih pun cenderung yang mudah diaplikasikan dalam rutinitas sehari-hari. Hal yang harus diantisipasi adalah, mereka cenderung memberikan target yang terlalu tinggi sehingga ketika tidak tercapai akan sangat putus asa. Sebaiknya minta pakar nutrisi atau personal trainer untuk menjaga kita tetap pada program diet yang tepat.

Libra (21 September – 19 Oktober) : Cenderung tidak semangat untuk beraktivitas fisik sehingga metabolisme tubuhnya lambat. Tapi orang Libra sangat mudah dimotivasi melalui kompetisi. Karena itu, tak salah untuk mengajak keluarga atau orang-orang terdekat terlibat aktif dalam kompetisi hidup sehat.

Scorpio (20 Oktober – 20 November) : Sangat tekun mengikuti program-program diet dan memenuhi jadwal olahraga yang sudah dibuat. Tapi sangat mudah merasa tidak puas, karena itu perlu program diet yang lebih santai dan olahraga yang menyenangkan.

Sagitarius (21 November – 19 Desember) : Sangat mudah dimotivasi tapi juga sangat tidak sabaran. Para sagitarius akan sampai pada target diet apabila membuat target-target kecil yang berkesinambungan. Lengkapi dengan olahraga yang kita sukai, dengan begitu program diet akan terasa lebih ringan.

Capricon (20 Desember – 20 Januari) : Memahami apa yang menjadi kebutuhan dirinya. Jadi cenderung memilih metode diet sendiri ketimbang diminta untuk menjalani metode diet tertentu.

sumber: horoskop