Facebook ajang bersosialisasi atau pamer diri?

"Trung.." ada satu pesan masuk di menu obrolan facebook, oh ternyata kawan lama yang udah jarang sekali online di facebook, inti perbincangan pun terjadi seperti ini:

My friend:  "balista pa kabar...?"
Me: "kabar baik, kemana aja kok jarang ol?"
My friend: "males...liat fb makin kesini makin gak asik..."
Me: Loh emangnya knp?
My Friend: "Ya males aja, liat status2 lebay... sampe yg gak penting di update!"
Me: Ya..namanya juga dunia maya, ya seperti itu hehhee"
My friend: ya tadinya pengen ketemu sama temen2 lama....katanya fb ajang sosialisasi, kok makin kesini malah jadi ajang pamer ya?

Singkat cerita ngobrol sampe panjang lebar, maklum kawan lama yg jauh di mata (dia kerja luar negeri jadi TKI). Dari obrolan itu muncul pertanyaan, Apa benar banyak yang pamer di facebook? Karena kalau dipikir-pikir memang apapun yang dilakukan si empunya akun facebook ya itu terserah mereka. Tapi....dilihat dari tujuan facebook itu sendiri sebenarnya untuk ajang sosialisasi.. namanya juga jejaring sosial ya untuk bersosialisasi dengan banyak orang.

Lalu pamer nya dimana? saya pun segera membuka akun lama yang udah full 5000 friend! (hehe maklum fb nya banyak) satu-satu dibuka halaman profile teman dan ternyata memang bener apa yg dikatakan oleh kawan saya tadi. Banyak sekali ajang pamer di facebook dari mulai pamer wajah, body, rumah, kerjaan, pacar sampe pamer duit pun ada.

Belum lagi update status yang gak penting seperti; lagi maem, yank...ku kangen, pengen beol, kok gak ngantuk, bt banget, pengen mati, ohh god dan sebagainya yang kalau dipikir-pikir terserah lo aja deh! (apa yang mau dikomentari ^_^). Tapi banyak juga yang memberi informasi di facebook dari mulai bisnis, tips, trik, sampe rohani ada, namun tak sebanyak yang pamer tadi. 

Dari sinilah mungkin benar apa yang dikatakan pengamat media sosial, bahwa kejahatan yang sering terjadi lewat jejaring sosial ini memang karena ulah mereka sendiri. Pamer kekayaan, kemolekan tubuh, ingin selalu diperhatikan sampai haus pujian dan  jempol atau  sehingga orang yang tidak dikenalpun dijadikan teman. 

Fenomena facebook memang bermacam-macam, mungkin tanpa kita sadari ajang pamer ini sudah menjadi candu (gak pamer berarti gak eksis), mungkin juga banyak pengguna facebook yang sudah kecanduan media sosial. Kalau sudah seperti ini, saya juga bingung sebenarnya "Facebook Ajang Bersosialisasi atau Pamer Diri?".
4 Komentar untuk "Facebook ajang bersosialisasi atau pamer diri?"

klo menurutku memang ajang pamer gan... terutama pamer body... hahay :D

Intinya jangan disalah gunakan...

saya setuju...klo mmg mw unggah foto or video,,,
sbaik'nya khusus untuk diri sendiri...

Note: Only a member of this blog may post a comment.