Ada apa di Iphone 4S Siri dari Apple


Sebuah teknologi telepon genggam yang memungkinkan pengguna kirim SMS atau Email tanpa harus mengetik dan menyentuh ponsel, itulah kelebihan utama dari produk Apple terbaru Iphone Siri yang diluncurkan awal Oktober 2011. Perintah suara yang ditawarkan oleh iPhone 4S ini membuat pengguna seolah memiliki asisten pribadi ke manapun mereka pergi.

Siri voice control ditemukan oleh Dag Kittlaus pada tahun 2007. Kemudian pada tahun 2010, Siri bergabung dengan Apple dan Apple pun mengklaim bahwa Siri merupakan iOS yang tersedia di AppStore. Kini, kecanggihan Siri pun terintegrasi dalam iOS5 yang hanya ada dalam iPhone 4S.

Software pengenal suara yang terdapat dalam iPhone 4S memang sengaja dirancang untuk menggantikan kekosongan posisi asisten pribadi dan menggantikannya dengan asisten virtual. Bayangkan saja, untuk bisa browsing, mengirim e-mail, dan mengirim sms, tidak perlu menyentuh ponsel. Cukup mengeluarkan perintah suara maka pencarian di dunia maya dan pengiriman pesan pun bisa dilakukan. Jadi, kayaknya tidak heran kalau hanya perlu waktu 3 hari untuk menghabiskan 1,7 juta unit iPhone 4S di Amerika.

Kekurangan yang paling terlihat adalah tingkat kemananannya. Karena iPhone 4S masih bisa diakses sekalipun dalam keadaan passcode locked. Hanya dengan menekan tombol ‘home’, semua orang bisa dengan bebas mengirim sms, e-mail, dan mengakses kontak di ponsel ini. Tapi, jangan khawatir karena risiko seperti itu bisa diminimalisasi seperti yang diulas oleh para CEO Apple sendiri, yaitu dengan mengakses menu setting - pilih menu general - pilih passcode lock. Masukkan passcode kamu dan ubah ke posisi ‘off’. Langkah ini bisa mengurangi kinerja fungsi iPhone 4S saat dalam keadaan passcode locked.

Apakah teknologi voice control yang ditawarkan iPhone 4S ini akan masuk ke Indonesia dan mengenali voice control dalam bahasa Indonesia? Kita lihat saja perkembangannya!

Beberapa fitur  iPhone 4S
  • Jaringan GSM & CDMA; iPhone 4S akan dapat berfungsi secara global diseluruh dunia untuk jaringan GSM maupun CDMA
  • CPU & Kualitas Grafis: Menggunakan CPU A5 Dual-core dan juga menggunakan dual-core untuk hardware grafis-nya agar menjadi lebih cepat didalam menghasilkan grafis-grafis 3D. Dengan demikian iPhone 4S akan menjadi 7x lebih cepat dalam hal game, dan 2x lebih cepat dalam pengoperasiannya.
  • Kecepatan Data Internet: Pada iPhone 4 memiliki kecepatan download 7.2 Megabits-per-detik, sedangkan di Iphone 4S sekarang memiliki kecepatan downlaod hingga 14.4Mbps. Dengan kemampuan kecepatan seperti itu iPhone 4S dapat setingkat dan bersaing dengan kecepatan jaringan 4G.
  • Kamera: Dengan mengusung sensor kamera 8 megapixel (naik dari sebelumnya hanya 5 megapixel di iPhone 4), membuat iPhone 4S menjadi 73% lebih sensitif kecahayaan didalam menghasilkan gambar foto. Dan juga menyatakan 1/3 lebih cepat dalam hal meng-capture foto. Dalam hal video dapat merekam hingga 1080p (sebelumnya hanya 720p). Pada kamera juga dilengkapi deteksi wajah.
  • Antena: Apple menyatakan didalam iPhone 4S memiliki sistem antena yang lebih baik (telah disempurnakan).
  • Warna & Kapasitas: iPhone 4S menyediakan pilihan warna hitam dan putih, serta untuk kapasitas tersedia mulai dari 16GB, 32GB dan 64GB (sebelumnya di iPhone 4 hanya sampai 32GB saja).
  • Siri (Aplikasi Suara): Aplikasi pengenal suara mungkin sudah bukan hal yang baru, namun Siri dapat lebih berbuat dari pada aplikasi pengenal suara sebelumnya.