Situs Wikipedia Bahasa Inggris Dimatikan 18 Januari 2012


Situs - situs populer di AS sedang kompak melawan penerapan undang-undang anti-pembajakan Stop Online Piracy Act (SOPA). Salah satunya adalah situs kamus besar Wikipedia yang menerapkan "blackout" hari ini 18 Januari 2012.

Blackout itu akan digelar selama 24 jam oleh Wikipedia. Mereka yang berusaha mengakses Wikipedia Bahasa Inggris awalnya akan melihat halaman yang diinginkan namun sekejap kemudian halaman itu ditutup halaman hitam.

Sebuah teks muncul di halaman hitam tersebut. Begini bunyinya:

Selama lebih dari satu dekade, kami telah menghabiskan jutaan jam untuk membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Kini, Kongres AS mempertimbangkan sebuah perundangan yang bisa berakibat fatal pada internet yang merdeka dan terbuka. Selama 24 jam, demi meningkatkan kesadaran akan isu ini, kami menggelapkan Wikipedia.

Aksi ini muncul karena undang-undang tersebut dianggap terlalu mengekang. Penerapannya mencakup langkah-langkah pemblokiran situs yang dianggap melanggar. Tidak hanya wikipedia situs-situs komunitas online besar lainnya pun menetapkan tanggal 18 Januari 2012 sebagai SOPA Blackout Day.

SOPA dan PIPA disusun kongres AS untuk melawan pembajakan yang marak di dunia maya. Peraturan ini meliputi penyebarluasan musik, film, tayangan televisi dan eBook secara cuma-cuma. SOPA dan PIPA didukung para pekerja industri hiburan yang gerah akan aksi pembajakan. Sebaliknya, peraturan ini justru ditentang para penggiat dunia tekno atau masyarakat awam yang bergantung pada konten-konten gratis di internet.

Para pendukungnya menyebutkan, pihak legislative wajib melindungi hak intelektual dan kreativitas para seniman dan musisi. Namun di pihak lain, banyak yang menilai undang-undang ini akan berdampak luas, sehingga merugikan industri teknologi dan merusak hak kebebasan berpendapat. Peraturan ini juga menimbulkan kekhawatiran akan penyalahgunaan kekuasaan pemerintah AS untuk mengatur regulasi konten internet di seluruh dunia.

Seperti dilansir Daily Mail, SOPA dan PIPA juga mengancam keberadaan sejumlah situs besar, seperti Google yang acapkali menyertakan link menuju situs-situs penyedia konten gratisan. Akibatnya, jika peraturan ini berhasil dilegalkan, para peselancar di dunia maya tidak dapat lagi menikmati musik, film, video, eBook, dan live streaming secara gratis.

Perusahaan-perusahaan di Silicon Valley, seperti Facebook, Twitter, Yahoo, Google, dan PayPal akan offline pada 18 Januari 2012. Namun, rencana itu belum bisa dipastikan. Beberapa perusahaan masih belum mengumumkan secara resmi apakah akan ikut serta dalam Blackout Day atau tidak.

Facebook, misalnya, pada hari yang sama justru berencana melakukan kegiatan dengan mengundang media massa, sedangkan Twitter kemungkinan tak akan dimatikan pada hari ini.

Tidak ikut matinya Twitter justru mendapat dukungan dari Jimmy Wales. Menurutnya, Twitter lebih baik tetap aktif dan digunakan untuk koordinasi gerakan anti-SOPA ini. Gedung putih dan Presiden AS Barack Obama juga menyatakan tidak setuju dengan SOPA dan sudah mengirimkan surat penolakan resminya kepada Senat.
0 Komentar untuk "Situs Wikipedia Bahasa Inggris Dimatikan 18 Januari 2012"

Note: Only a member of this blog may post a comment.