Aplikasi Google Wallet untuk Smart Phone

Sistem pembayaran online melalui ponsel sekarang bisa menggunakan aplikasi dari Google. Pihak Google.Inc meluncurkan layanan sistem pembayaran mobile yang diberi nama Google Wallet. Layanan ini memungkinkan pengguna telepon untuk membayar dan mencairkan kupon Google Offers pada ponsel-ponsel smartphone. Para pengguna bisa menaruh tiket, kartu kredit, penerimaan, dan kupon di dalam aplikasi mobile menggunakan teknologi yang disebut Near Field Commounication (NFC).

NFC memungkinkan data sederhana untuk ditransfer dengan jarak lebih dari 4 cm atau kurang antara dua perangkat dengan chip NFC yang sudah ditanam. Data-data tersebut meliputi informasi kartu kredit, informasi tiket dan kode bar kupon. Ponsel pertama yang mampu menggunakan Google Wallet ini adalah Nexus S yang berbasis Android. Layanan ini juga bisa membuat pembayaran melalui sistem PayPass MasterCard, yang menggunakan teknologi NFC. Google juga berencana akan menanam chip NFC pada semua ponsel Android di masa mendatang.

Dengan mobile wallet ini Google berencana untuk mencetak uang dengan menawarkan promosi kepada konsumen saat mereka belanja. Sebagai contoh, akan diperkenalkan "Google Offers" (penawaran Google) layanan iklan untuk bisnis lokal dan online yang dapat ditemukan online atau dikirim via ponsel.

Seperti Groupon, Google akan mengumpulkan fee dari peritel yang berpartisipasi setiap kali seseorang memanfaatkan kupon potongan harga. Citibank akan melakukan hal yang sama layaknya dalam transaksi kartu kredit biasa.

Google Wallet membutuhkan waktu untuk bisa difungsikan penuh secara nasional. Meskipun ia sudah bekerja sama dengan lebih dari 15 pengecer, seperti American Eagle Outfitters, Bloomingdale's Store Container, dan Jamba Juice, yang semuanya harus meng-upgrade terminal pembayaran mereka untuk layanan pembayaran mobile ini.

Google menekankan bahwa aplikasi ini akan terbuka untuk semua bisnis dan bank yang bekerja sama, penerbit kartu kredit, jaringan pembayaran, operator seluler, dan pedagang untuk terlibat di dalamnya.

Google Wallet bisa di akses melalui alamat : http://www.google.com/wallet
0 Komentar untuk "Aplikasi Google Wallet untuk Smart Phone"

Note: Only a member of this blog may post a comment.