Indonesia Masuk Ancaman Ledakan Asteroid

Sebuah tim ahli dari Universitas Southampton, Inggris, membuat daftar negara-negara yang bakal hancur dan kehilangan banyak nyawa warganya jika asteroid dalam ukuran besar jatuh ke Bumi. Indonesia, India, China, Jepang dan Amerika Serikat (AS) masuk dalam daftar negara yang memiliki risiko besar mengalaminya dalam basis populasi. Sedangkan Kanada, AS, China, Jepang dan Swedia masuk daftar negara berisiko mengalami kerusakan infrastruktur.

Daftar ini disusun menggunakan software NEOimpactor yang menggunakan data program Near Earth Object (NEO) NASA. "Ancaman Bumi dihantam asteroid dinobatkan sebagai bencana alam tunggal terbesar pengintai manusia,” tukas pengembang NEOimpactor Nick Bailey.

Adapun ledakan asteroid bakal mengakibatkan kehancuran terburuk di negara-negara tersebut di atas. Laporan ini muncul sepekan setelah asteroid sebesar rumah melintas dalam radius 7.500 kilometer dari planet kita. Sebelumnya, asteroid berukuran setengah lapangan bola berada di 12.000 kilometer dari Bumi.

Para ahli selama ini meyakini jatuhnya asteroid berdiameter hingga 161 kilometer dengan kecepatan 25 ribu kilometer per jam telah memusnahkan kehidupan dinosaurus 65 juta tahun lalu. Tumbukan asteroid itu menimbulkan ledakan berkekuatan 100 juta ton.

Dan jika ini terjadi di negara-negara dengan jumlah penduduk amat besar, bakal ada jutaan orang yang terbunuh akibat ledakan asteroid yang menghujam ke dalam tanah. Negara-negara yang bakal mengalami jutaan orang tewas adalah Amerika Serikat, Cina, Indonesia, India, dan Jepang.
0 Komentar untuk "Indonesia Masuk Ancaman Ledakan Asteroid"

Note: Only a member of this blog may post a comment.