Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan

Untuk semua orang pasti sudah tidak asing dengan buah lemon atau sitrun, bagi yang ingin lebih rinci lagi tentang buah ini berikut penjelasannya dari kamus besar internet (Wikipedia) : Sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Pohon berukuran sedang ini (dapat mencapai 6 m) tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin. Sitrun dibudidayakan di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah. Tumbuhan ini cocok untuk daerah beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Suhu ideal untuk sitrun agar dapat tumbuh dengan baik adalah antara 15-30 °C (60-85 °F).

Sudah jelas kan? langsung pada pokok bahasan, lemon bagus untuk kecantikan perempuan diantaranya:

Membantu untuk menghaluskan kulit

Campurkan parutan kulit lemon dengan gula pasir, lalu larutkan dalam minyak zaitun. Diamkan selama 30 menit dan gunakan sebagai body scrub. Campuran ini baik untuk menghaluskan bagian kulit yang kering, seperti siku, mata kaki, dan lutut.

Untuk mengobati jerawat

Awalnya mungkin cukup mengerikan jika membayangkan lemon yang kecut dan asam diteteskan ke atas jerawat. Namun ternyata, perasan lemon yang dioleskan ke wajah mampu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan komedo.

Bisa membersihkan kuku

Kuku menguning karena terlalu sering menggunakan kuteks? Rendam kuku dalam perasan lemon selama 5 menit dan kuku Anda akan bersih seperti semula. Agar noda tidak kembali muncul, biasakan memakai base coat sebelum mengoleskan kuteks.

Untuk menyegarkan nafas

Berkumur dengan campuran perasan lemon dan air putih dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Dapat juga dengan cara menghisap potongan lemon, kemudian meminum air putih setelahnya.

Menyempurnakan hasil tanning

Berjemur di pantai atau melakukan tanning sendiri terkadang menghasilkan warna kulit yang tak sesuai dengan keinginan, tak sesempurna jika dilakukan di salon kecantikan. Untuk menyiasati munculnya belang-belang di kulit karena proses tanning yang kurang tepat, gosokkan sepotong lemon di area yang diinginkan. Rasa sejuk dari lemon akan meredakan iritasi yang timbul setelah berjemur.

Bisa untuk basmi ketombe dan  highlight rambut

Lawan ketombe dengan cara memijat kulit kepala setiap hari dengan dua sendok makan lemon. Bilas dengan air dan lanjutkan membilasnya menggunakan secangkir air yang dicampur satu sendok teh jus lemon. Campurkan perasan lemon dengan conditioner dan oleskan pada rambut sebelum bepergian di bawah terik matahari. Hasilnya, akan muncul highlight pada rambut Anda seolah baru saja dicat di salon.

Bisa Memutihkan Gigi

Noda kopi pada gigi dapat membuat gigi menjadi cokelat atau kekuningan. Untuk memutihkan gigi, Anda bisa memanfaatkan kulit lemon. Kupas buah lemon dan pisahkan kulitnya. Gosoklah kulit lemon pada gigi secara menyeluruh selama lima menit.

Bisa membantu menyamarkan kulit keriput

Samarkan keriput dengan merebus satu cangkir susu, dua sendok teh jus lemon dan satu sendok makan brendi. Dinginkan campuran hingga mencapai suhu kamar, lalu aplikasikan di atas kulit dan biarkan hingga kering. Setelah itu, seka bersih kulit dari campuran.

Selain bagus untuk perawatan kecantikan, buah lemon juga kaya vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh, jadi jika ingin tetap cantik tanpa harus melakukan perawatan salon, konsumsi saja buah lemon.
1 Komentar untuk "Manfaat Buah Lemon Untuk Kecantikan"

faktanya ternyta lemon itu sangat bermanfa'at yah...???

Note: Only a member of this blog may post a comment.