Hubungan jumlah Teman Facebook dengan Ukuran Otak

Memiliki banyak teman di Facebook, tak sekedar menandakan popularitas Anda di dunia maya. Namun, juga bisa dijadikan acuan untuk mengetahui ukuran otak seseorang.

Para peneliti di Inggris menemukan sebuah hubungan antara jumlah teman di dalam akun Facebook seseorang dengan ukuran otak. Semakin banyak teman yang Anda punya di akun Facebook, maka semakin besar pula ukuran otak Anda.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti dari UCL Institute of Cognitive Neuroscience and the Wellcome Trust Center melakukan scan otak pada 125 mahasiswa, dimana semua responden maniak akan Facebook. Lalu peneliti membandingkan seberapa banyak jumlah teman responden, baik di Facebook maupun di kehidupan nyatanya, dan kemudian dibandingkan lagi dengan 40 mahasiswa yang jarang bermain Facebook.

Peneliti menyatakan bahwa ada sebuah hubungan antara volume grey matter di dalam sebuah bagian otak yang berhubungan dengan proses memori dan respon emosional, disebut Amygdala, dengan jumlah teman di dunia nyata.

Penelitian tersebut juga menunjukkan sedikitnya terdapat 3 area di bagian otak terlihat lebih besar, diantaranya right superior temporal sulcus, bagian otak untuk mengenali obyek bergerak, left middle temporal gyrus, untuk menentukan navigasi dan right entorhinal cortex, untuk mengenali simbol-simbol sosial.

Meskipun begitu, beberapa peneliti mengingatkan bahaya internet yang dapat menguras kecerdasan dan imajinasi penggunanya. Namun, dampaknya terhadap perkembangan kognitif dan sosial masih belum diketahui.

"Penelitian kami akan membantu kita untuk mulai memahami bagaimana kita berinteraksi dengan dunia dimediasi melalui jaringan sosial," ujar ungkap Dr Geraint Rees pemimpin dalam penelitian tersebut.

(Berbagai Sumber)
0 Komentar untuk "Hubungan jumlah Teman Facebook dengan Ukuran Otak"

Note: Only a member of this blog may post a comment.