10 Tips Menulis Blog Untuk SEO

Menulis di Blog bukan hal yang mudah, apalagi jika ingin tulisan blog bisa berada di posisi atas mesin pencari. Ini memerlukan keahlian khusus dalam menuangkan suatu postingan blog yang bisa mendongkrak popularitas blog dengan menjadi tulisan terbaik dimata mesin pencari (Search Engines).

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel di blog:

Isi Materi : isi atau konten yang ada dalam tulisan sesuaikan dengan kemampuan anda, tidak peduli anda mau menulis tentang hal apa, yang paling penting tulisan yang anda posting itu benar-benar anda kuasai. Hal ini dengan sendirinya akan menarik minat pembaca.


Gunakan Judul Yang Menarik : Setelah memahami apa yang akan anda tulis, carilah judul postingan yang semenarik mungkin. Sebagai contoh anda akan mempublikasikan artikel mengenai blog dengan judul "Cara Membuat Blog" maka ganti dengan judul "Cara membuat Web Pribadi" Terlepas dari kata kunci SEO Judul yang menarik bisa menarik pembaca dengan mudah.


Fokus pada Topik : Jika sudah memulai tulisan sangat mudah menuangkan berbagai ide dalam tulisan, namun perhatikan topik yang anda tulis, usahakan tidak terlalu banyak materi yang keluar dari topik meskipun topik tersebut bersifat pribadi. 

Tentukan Kata Kunci: Jika artikel yang anda tulis ditujukan untuk direktori - direktori maka anda memerlukan kata kunci yang padat. Gunakan kata kunci sesuai topik yang sedang anda tulis. 

Jangan Monoton dalam kata Kunci: Sebagian besar blogger menyisipkan kata kunci di awal kalimat atau pada paragraph awal, hal ini selain terlihat kurang profesional juga berpengaruh dalam mata mesin pencarian, karena semua kata kunci hanya berjalan pada satu halaman. Sebarkan kata kunci secara merata di awal tengah dan akhir kalimat supaya lebih terlihat baik di mata search engines. 

Tambahkan kata kunci Biodata: Jika postingan ditujukan untuk umum atau ke direktori online berikan sedikit kata kunci yang ditujukan untuk kepribadian anda. Hal ini adalah langkah baik untuk memulai perkenalan dengan para pembaca artikel anda. 

Menggunakan tag : penggunaan tag dalam tulisan sangat baik untuk mesin pencari seperti google, tulisan anda terlihat lebih berstruktur sehingga memungkinkan pada posisi terbaik di search engine. Selalu gunakan tag h1 untuk judul h2 untuk sub judul dan sebagainya. 

Gunakan Meta Deskripsi: Pastikan tulisan anda memiliki meta deskripsi yang benar dengan menyisipkan kata kunci di dalamnya. (Untuk blog dengan CMS WordPress plugin All in one seo dan Platinum Seo sangat membantu dalam hal ini) 

Original Konten: Sudah menjadi pilar besar dalam penentuan rangking tulisan anda dimata search engines, karena tulisan copy paste tidak disukai bahkan bisa dihukum (hilang dari mesin pencarian)
Gunakan gambar yang sesuai: Penggunaan gambar yang sesuai dengan isi tulisan akan lebih menarik minat pembaca, namun berhati-hatilah dalam menggunakan gambar, jangan sekali-kali menggunakan gambar yang memiliki HAK CIPTA. Anda bisa mencari gambar yang bebas cipta disini. 

Demikian 10 tips dalam menulis blog dengan baik, tidak menuntut semua harus seperti itu, namun ada baiknya anda mencoba tips tersebut dan lihat sendiri hasil tulisan anda disearch engines. Selamat mencoba.
0 Komentar untuk "10 Tips Menulis Blog Untuk SEO"

Note: Only a member of this blog may post a comment.