Virus ancam Smartphone di Tahun 2011!

Hati-hati jika download software atau game melalui perangkat mobile karena baru - baru ini di China ditemukan satu virus berbahaya bernama "Geinimi". Virus jenis trojan ini menyerang versi telepon genggam yang menggunakan sistem operasi Android buatan Google dan bisa menyebar luas khususnya pada model smartphone. Laporan yang dilansir Lookout Mobile Security menyatakan virus baru jenis Trojan ini dapat menghimpun data pribadi yang sangat banyak di telepon pengguna serta mengirimnya ke server mana saja secara otomatis. Perusahaan tersebut bahkan menyebut virus tersebut sebagai malware (malicious software) Android yang paling canggih saat ini.

"Segera setelah perangkat jahat tersebut terpasang di telepon pengguna, malware itu memiliki kemampuan untuk menerima komando dari server terpencil yang memungkinkan pemilik server itu untuk mengendalikan telepon tersebut," kata Lookout. Pencipta Geinimi juga telah meningkatkan kecanggihan virus tersebut agar tidak terlalu mencolok. Virus itu bekerja dengan teknik yang tidak mudah terdeteksi.

Geinimi saat ini diteliti berasal dari pihak ke tiga perangkat lunak Android yang menyebar melalui hasil download aplikasi-aplikasi contohnya seperti game, theme dan sejenisnya. 

Penemuan virus ini sesuai dengan apa yang dilansir oleh Perusahaan antivirus McAffe yang menyebutkan bahwa target utama serangan hacker melalui injeksi virus di tahun 2011 adalah perangkat mobile, karena sebagian besar perangkat mobile memiliki pertahanan antivirus lemah. Selain itu layanan penyingkat URL atau Short URL sosial media seperti twitter dan facebook bisa menjadi salah satu alat penyebaran virus oleh para hacker. McAffe memperingatkan kepada pengguna layanan smartphone khususnya yang digunakan sebagai perantara bisnis atau transaksi online supaya berhati-hati terhadap cybercriminals smartphone di tahun 2011. 

Sumber: android.appmobilize.com 
0 Komentar untuk "Virus ancam Smartphone di Tahun 2011!"

Note: Only a member of this blog may post a comment.