Penyebab Indonesia menjadi Pengguna facebook terbesar ke 2 di dunia

Facebookers Indonesia atau Pengguna Facebook Indonesia saat ini berada pada urutan ke 2 terbesar di dunia setelah Amerika. Saat ini jumlah pengguna online atau user facebook mencapai kurang lebih 219.286.560 user dan awal Desember 2010 hingga awal Januari 2011, jumlah Facebooker di dunia naik dari 337 juta ke 350 juta pengguna aktif. Negara yang menyumbangkan Facebookers terbanyak ialah Amerika, yang tak ayal menjadi jawara daftar negara dengan pertumbuhan Facebooker terbanyak di dunia.(dikutip TeknologiNET).

Ada yang menarik dari para pengguna facebook Indonesia, dari data statistik checkfacebook.com pada tahun 2007 Indonesia sudah masuk dalam daftar 10 besar pengguna facebook di dunia.
Data Statistik 2007

Dari data statistik disamping Pengguna facebook dari negara Indonesia mencapai 11.759.990 user atau berada pada posisi ke 7 dan pertumbuhan setiap minggu nya mencapai 6.84% atau posisi ke - 9. Data ini mengacu pada laporan yang dikeluarkan oleh Global Monitor, layanan premium yang menyediakan data vital tentang perkembangan pengguna Facebook. Diketahui, selama masa pemonitoran.
Awal Desember 2010 sampai sekarang Indonesia melaju ke posisi kedua urutan ke 2

Menurut CheckFacebook diketahui audiens Facebook di Indonesia mencapai 33,9 juta, tepatnya 33.920.020. Dengan populasi online 100 persen, Indonesia menguasai 5,56 persen dari total pengguna Facebook di dunia. Berdasarkan gender, pengguna lelaki lebih mendominasi di Indonesia, yakni sekitar 18,7 juta (59,1 persen), ketimbang wanita jumlahnya diestimasi sekitar 12,9 juta (40,9 persen).

Apa yang menyebabkan pertumbuhan pengguna layana facebook di Indonesia ini begitu cepat berkembang? Berikut adalah faktor penyebab Indonesia menjadi pengguna facebook terbesar ke 2 di dunia:

User Indonesia memiliki lebih dari 1 buah account. Sebagian besar pengguna layanan facebook di Indonesia memiliki lebih dari 1 akun, terutama untuk mereka yang menjadikan facebook sebagai lahan promosi bisnis online 1 User bisa memiliki 10 - 100 buah akun facebook.

Banyak Halaman Page/Group hasil dari kejadian/Fenomena dunia Nyata. Setiap kejadian penting atau jadi sorotan publik di Indonesia pasti menular ke jejaring sosial facebook. User Indonesia mengapresiasikan nya kedalam facebook dengan membuat halaman-halaman pro dan kontra terhadap kejadian-kejadian tersebut. seperti contohnya membuat "halaman 1 juta dukungan", "10 juta dukungan", anti A, Anti B dan banyak lagi. Sehingga pertumbuhan penggunaan menjadi sangat cepat, sekitar miliar halaman Facebook bolak-balik dibuka pengguna Internet di Indonesia. 

Faktor mencari kepuasan dan hubungan pribadi. Dengan fasilitas interaksi layanan facebook yang sangat mudah digunakan, menyebabkan komunikasi yang terjalin dalam facebook seperti sudah bukan dunia maya lagi. Banyak User yang memanfaatkan facebook untuk sekedar mengisi waktu luang dan ada juga yang mencari kepuasan melalui pertemanan, hubungan pribadi (nyari jodoh) sampai transaksi prostitusi ada di facebook.

Itulah beberapa faktor penyebab Indonesia menjadi pengguna terbesar facebook saat ini. Namun perlu diketahui untuk tetap berhati-hati menggunakan Facebook, karna kejahatan di dunia maya sangat banyak terjadi. Dan bisa saja anda menjadi salah satu korban Criminal Cyber Online. Waspadalah.. Gunakan Facebook secara bijak.
0 Komentar untuk "Penyebab Indonesia menjadi Pengguna facebook terbesar ke 2 di dunia"

Note: Only a member of this blog may post a comment.