Tips Menghemat Baterai dan Menggunakan Android

Ponsel Android dari Google Inc sekarang sudah banyak diminati di Indonesia, meskipun popularitasnya masih di bawah BlackBerry tapi saat ini Android sudah jadi pilihan bagi mereka yang menyukai smart phone. Ponsel Android bisa dibilang unggul dari sisi kualitas, misalnya tampilan interface, banyaknya aplikasi yang bermanfaat dan menghibur. Semakin mudah mengaktifkan fitur download berbagai aplikasi dan fasilitas jaringan nirkabel dari android, semakin banyak juga energi yang harus dikeluarkan dan akibatnya daya tahan baterainya cepat habis.

Berikut ini adalah tips untuk menghemat daya baterai supaya ponsel Android bisa lebih tahan lama.
  1. Kelolalah jaringan nirkabel atau wireless dengan bijak. Sebaiknya tidak mengaktifkan seluruh konektivitas yang tersedia pada ponsel secara bersamaan, misalnya dengan menghidupkan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth.
  2. Mengurangi tingkat kecerahan layar. Layar ponsel yang terang memang membuat tampilan menjadi lebih jelas. Tapi di balik itu, semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka semakin besar pula daya yang dikeluarkan baterai ponsel.
  3. Gunakan salah satu fitur saja untuk memberitahu apabila ada pesan baru. Apabila ada email, pesan instan, pesan singkat (SMS), atau panggilan masuk ke ponsel Android, rasanya tidak perlu ponsel itu berbunyi terlalu keras dan bergetar. Cukup gunakan salah satu dari dua fitur tadi, suara atau getar saja supaya baterai lebih hemat.
  4. Aktifkan email yang penting saja. Contohnya jika memiliki lima akun email dan semuanya aktif, sebaiknya memilih email mana yang paling sering digunakan dan akan diaktifkan sepanjang hari. Sebab, semakin banyak aplikasi, seperti email, live streaming, radio, atau media sosial yang aktif dalam waktu bersamaan, maka semakin besar pula daya baterai yang dibutuhkan.
  5. Selalu sediakan baterai cadangan. Ketika mengisi baterai, disarankan untuk tidak mencabutnya apabila kapasitasnya belum sampai separuhnya. Sebab, jika baterai belum sampai 50 persen terisi kemudian sudah digunakan lagi, maka energi yang tersimpan akan dengan mudah terkuras karena memang masih sedikit.
Dan untuk tips aman dan nyaman menggunakan ponsel android, lakukan beberapa hal berikut ini:
  • Selalu memastikan untuk memakai software yang legal.
  • Download aplikasi dari market resmi android, dan sebelum mendownload suatu aplikasi dari market atau manapun, pastikan baca terlebih dahulu review user yang sudah menggunakannya terlebih dahulu.
  • Cari referensi di internet mengenai apakah ada isu dari program akan di download tersebut.
  • Pastikan permission apa saja yang diminta oleh program yang akan di install.
  • Update program yang ada secara berkala dari market resmi android untuk memastikan yang digunakan adalah versi terbaru.
  • Install aplikasi security tambahan seperti antivirus, bisa dicoba dengan antivirus gratis dari NetQin dan AVG yang dapat di download di market resmi android.
0 Komentar untuk "Tips Menghemat Baterai dan Menggunakan Android"

Note: Only a member of this blog may post a comment.