Naik Sepeda Ontel Ke Tanah Suci (Mekkah)



Lama perjalanan dari Indonesia menuju Arab Saudi kurang lebih 10 - 12 jam dengan pesawat, tapi berapa lama jika ditempuh dengan sepeda ontel? Tanyakan kepada alumnus Universitas Ahmad Yani (Unjani) Cimahi. Ya, tiga pemuda asal Cimahi, Jawa Barat, Deni Bayu Saefudin, Ade Supriadi, dan Yuyus Sunandar melakukan ekspedisi dengan sepeda ontel menuju tanah suci Mekkah (Road to Macca). Dengan membawa bendera Bharawana Unjani dan Merah Putih, mereka berangkat pada hari Sabtu 11 Juni 2011 dari Indonesia .

Rute perjalanan dimulai dari Cimahi - Karawang, Bekasi, Jakarta, Banten, Serang, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Lampung Tengah, dan hari ini bergeser ke Lampung Utara.

Untuk sampai ke Mekkah, mereka berencana melintasi 16 Negara. ke-16 negara itu adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, Bangladesh, India, Himalaya, Nepal, Pakistan, Afganistan, Iran, Turki, Siria, Jordania, dan Arab Saudi.

Perjalanan tersebut akan menempuh jarak kurang lebih 17.000 kilometer selama 9 bulan. Selama perjalanan, mereka membutuhkan biaya hidup sekitar Rp 300 juta, sedangkan untuk keperluan perizinan perjalanan internasional mendapat rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri RI.

Selain motivasi untuk sampai ke Tanah Suci, melalui ekspedisi “Road to Macca” ini mereka juga ingin memberikan gambaran kepada dunia internasional bahwa Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar adalah negara aman dan damai.

Menurut Yuyus, dalam menjalankan ekspedisi ini tidak mendapatkan bantuan dana dari sponsor. Mereka sudah mengajukan permohonan ke beberapa BUMN, tapi semuanya menolak dan menyatakan bahwa perjalanan ke Mekkah dengan sepeda ontel adalah mimpi. Hasilnya mereka pun mengandalkan dana pribadi dan bantuan dari orang-orang yang berbaik hati di perjalanan.

Selain mengemban misi untuk menunaikan Ibadah Haji, perjalanan ini juga bertujuan untuk dukungan kepada para tenaga kerja Indonesia (TKI). Pria berusia 31 tahun ini menerangkan, "TKI bukan pahlawan devisa semata. Tapi, gambaran harga diri suatu bangsa. Kami harapkan, TKI pergi dengan harga diri. Itu yang akan kami lakukan. Bahwa, kami sanggup berpetualang hingga ke Mekkah, dengan menggunakan sepeda".

Untuk satu jam perjalanan, jarak tempuh bisa mencapai 20 kilometer. Namun, jika kondisi jalan menanjak, bisa sekitar 10-15 kilometer. Jarak 30 kilometer bisa ditempuh, jika kondisi jalan lurus atau tidak berkelok. Jika tidak ada hambatan, Ekspedisi ini dijadwalkan tiba di Mekkah pada April 2012.

Perjalanan ini sudah dipersiapkan ketiga alumni Universitas Jenderal Ahmad Yani Cimahi ini sejak setahun lalu. Untuk persiapan fisik, mereka beberapa kali melakukan uji coba melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda ke berbagai kota di Jawa Barat.

 
function hideNow(e) { if (e.target.id == 'ac-wrapper') document.getElementById('ac-wrapper').style.display = 'none'; }