10 Universitas Terbaik dengan Fakultas Kedokteran

Berikut daftar 10 besar universitas yang memiliki fakultas kedokteran terbaik di dunia menurut Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangkings

Universitas Harvard

Kampus tertua dan paling prestisius di Amerika Serikat ini dinilai memiliki sekolah kedokteran terbaik di dunia. Dalam penilaian QS, Harvard mendapat nilai sempurna 100 persen dalam parameter reputasi akademik, pekerja lulusan, dan penelitian.

Didirikan pada 1782, misi sekolah kedokteran Harvard adalah untuk menciptakan orang-orang terbaik dari beragam komunitas yang berkomitmen untuk kepemimpinan dalam rangka mengurangi penderitaan manusia yang disebabkan oleh penyakit.

Universitas Cambridge

School of Clinical Medicine Cambridge adalah kampus dengan fakultas kedokteran terbaik kedua di dunia. Dalam penilaian QS, Cambridge mendapat nilai 83.

Pada 1953, James Watson dan Francis Crick berhasil menyimpulkan struktur DNA di kampus ini. Atas hal inilah, keduanya menerima Penghargaan Nobel dalam Bidang Kedokteran pada 1962. Mayoritas lulusan Cambridge bekerja di National Health Service (NHS) Inggris dan sisanya menjadi praktisi umum.

Universitas Oxford

Universitas Oxford perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris ada di peringkat ketiga dengan skor 77,7 poin. Terlepas dari kenaikan biaya kuliah di Inggris pada 2012, kuliah kedokteran di Oxford masih tiga kali lebih murah dibandingkan di Harvard.

Universitas Stanford

Stanford adalah universitas tertua di bagian barat Amerika Serikat yang memiliki sekolah kedokteran. Kampus ini berada di peringkat keempat dengan skor 68,7 poin dari nilai maksimal 100. Biaya kuliah di kampus ini lumayan mahal, yaitu hingga 27 ribu poundsterling atau setara dengan Rp380 juta (Rp14,101 per poundsterling) per tahun. Pada 1968, Stanford mencetak sejarah karena berhasil melakukan transplantasi jantung pertama atas manusia dewasa di Amerika.

Universitas Johns Hopkins

Sejak berdiri pada 1893, sekolah kedokteran John Hopkins dianggap sebagai acuan bagi sekolah medis lain yang ada di Amerika. Kampus ini sempat ditampilkan dalam serial televisi House yang disiarkan di Amerika di mana salah satu tokoh serial fiksi tersebut, dr Gregory House diusir dari kampus karena berselingkuh.

Universitas Berkeley California

University of California adalah universitas negeri yang mengutip biaya kuliah hingga 8 ribu poundsterling (Rp112,8 juta) per tahun.
Dalam penilaian QS, fakultas kedokteran University of California, Berkeley mencetak skor 63,3.

Institut Teknologi Massachusetts

Dalam daftar peringkat universitas terbaik dunia versi QS, Massachusetts Institute of Technology (MIT) ada di peringkat ketiga. Tapi dalam daftar kampus dengan fakultas kedokteran terbaik, MIT ada di peringkat ketujuh dengan skor 61. Mahasiswa di kampus ini dikenakan biaya hingga 25 ribu poundsterling (Rp352 juta) per tahun.

Universitas Tokyo

Universitas Tokyo merupakan satu-satunya universitas asal Asia yang ada dalam daftar 10 besar kampus kedokteran terbaik di dunia.
Biaya kuliah di universitas yang terletak di Negeri Sakura ini sebesar 5 ribu poundsterling per tahun atau setara dengan Rp70 juta per tahun.

Universitas Yale

Metode pengajaran di Yale cukup unik. Fakultas kedokteran Yale mendorong kegiatan belajar dalam seminar kecil, konferensi, tutorial kecil, evaluasi diri siswa, pemikiran independen, dan investigasi.
Kampus yang berbasis di Amerika ini mencetak skor 59,4.

UCLA (University of California, Los Angeles)

David Geffen School of Medicine di UCLA, dalam waktu 50 tahun berhasil menjadi salah satu sekolah kedokteran paling prestisius di Amerika. Sama seperti di UC Berkeley, biaya kuliah di kampus ini disubsidi dan dibatasi hingga 8 ribu poundsterling (Rp112 juta) per tahun.