Tips Untuk Artis yang ingin promo di Jejaring Sosial

Jejaring sosial dan microblogging memungkinkan semua orang untuk berkomunikasi dengan siapa pun, termasuk dengan artis idola. Dengan adanya fanpage Facebook dan Twitter, para penggemar bisa terus mengikuti kegiatan artis pujaan mereka.

Nah bicara soal microblogging, dalam hal ini Twitter, TV Guide memberi bocoran penting untuk para seleb jika ingin promosi melalui media ini. menurut mereka, Episode perdana season 9 serial Hollywood The Two and a Half Men berhasil mengumpulkan 28,7 juta penonton berkat kicauan si burung twitter, masuknya Ashton Kutcher sebagai pemain menggantikan Charlie Sheen saat itu berhasil mendongkrak rating dengan follower akun @aplusk miliknya sebanyak 7,7 juta orang.

Dari hal tersebut, berikut beberapa tips berjejaring sosial untuk para artis yang ingin melakukan promo atau sekedar memperbanyak jumlah fans:

Pikirkan Fans Di Luar Kota

Artis memiliki penggemar. Tak hanya di kota besar seperti Jakarta atau Bandung, namun sampai ke pelosok daerahpun pasti ada. Bagi fans di kota, mungkin sudah mengetahui gaya hidup artis, atau bahkan sudah pernah bertemu langsung. Tapi bagaimana dengan penggemar yang tinggal di pelosok desa?
Karena itu, artis bisa meng-tweet apa yang sedang dilihat, atau sedang dirasakan. Misal, ketika sedang menunggu di ruang rias, artis bisa menjelaskan bagaimana kondisi lokasi syuting kepada penggemarnya. Seperti yang dilakukan Syahrini (@PrincesSyahrini) yang mengunggah foto dia naik kuda sesaat sebelum manggung di ultah SCTV.

Ajak Fans Berpartisipasi

Sebelum syuting atau manggung, biasanya artis memiliki beberapa pilihan tentang apa yang akan mereka kenakan. Entah itu baju, sepatu atau perhiasan. Artis bisa mengunggah foto kostum lalu bertanya pada penggemar, mana yang sebaiknya dipakai. Akibatnya, fans yang sudah memberikan masukan penasaran, apakah si artis ini akan memakai advis yang sudah mereka berikan? Pada akhirnya, penggemar pun duduk manis menunggu acara favoritnya tayang di TV.

Update Sendiri dan Beri Bukti

Di Hollywood sana, banyak artis yang tidak memperbarui sendiri statusnya. Seperti Britney Spears, yang kerap kali Twitternya di-update manajernya. Tentu penggemar akan lebih senang jika si artis sendiri yang memperbarui statusnya. Misal, ketika sakit Nikita Willy (@nikita_willy) mengunggah fotonya bersama seorang teman sedang terbaring di ranjang menggunakan penutup mata. Ini membuat penggemar merasa yakin bahwa twit ini di-update sendiri oleh sang artis.

Ajak Penggemar Nonton Bersama

Banyak artis yang kerap memberi tahu penggemar tentang jadwal tayang sinetron atau jadwal manggung mereka. Tapi kalau hanya berupa bahasa formal, kesannya menjadi sekadar promosi biasa. Agar tidak biasa, tambahkan foto atau kelanjutan ceritanya. Contoh, Atalarik Syach (@AtalarikSyach) kerap kali memberikan bocoran tayangan Putri Yang Ditukar.

Seperti “Siang ini syuting di Dufan asyiiiikkkk” atau “Prabu akhirnya berjodoh”. Tak jarang ia mengunggah foto cuplikan adegan yang bikin penonton penasaran. Entah berpengaruh langsung atau tidak, yang pasti rating Putri Yang Ditukar tayangan Senin kembali menduduki rating no. 1 setelah sebelumnya kalah dari OVJ dan Shaun The Sheep.

Tunjukkan Hobi Selain Akting

Kalau Twitter hanya dimanfaatkan buat promo, lama-lama follower akan jenuh dan unfollow. Mungkin hanya penggemar fanatik saja yang tak keberatan jika si artis terus menulis soal proyeknya di Twitter. Agar tak sekadar menjadi ajang promosi, artis sebaiknya juga berbagi apa hal yang ia suka melalui Twitter.

Chelsea Olivia (@chelseaolivia92) misalnya, menginterasi akun Twitter-nya dengan Instagram. Follower dapat melihat bagaimana aktifnya Chelsea meng-edit dan mengunggah foto hasil jepretannya melalui Instagram. Penggemar pun bisa mengetahui hobi si artis di luar syuting, plus bakat lain yang dimilikinya.


TV Guide & Tabloid Bintang.
0 Komentar untuk "Tips Untuk Artis yang ingin promo di Jejaring Sosial"

Note: Only a member of this blog may post a comment.