Film Iran yang Membuat Aktrisnya Dihukum Cambuk

Film Iran yang berjudul "My Tehran For Sale" dibuat oleh The South Australia Film Corporation pada tahun 2009 kembali banyak di beritakan dimedia luar, bukan karena film nya yang booming melainkan aktrisnya (Marzieh Vafamehr) dijatuhi hukuman 1 tahun penjara dan 90 kali cambuk oleh pemerintah Iran.

Film ini disutradarai penulis Iran (Granaz Moussavi) yang kini tinggal di Australia.  Kisahnya menyuarakan kaum pinggiran saat revolusi Islam di Iran.  Film ini memotret sisi lain tentang kehidupan kota besar yang sama seperti kota-kota lain di dunia, tak membuat penghuninya siap dengan segala kemajuan dan perubahan zaman.

Cerita dalam film berpusat pada kehidupan Marzieh (diperankan Marzieh Vafamehr) seorang artis panggung dan juga seniman pantomim yang sudah berkali-kali dilarang bekerja di teater oleh penguasa, karena kegiatana seperti ini di vonis haram oleh pemerintah Taheran.

Dalam sebuah pesta bawah tanah  yang tentu saja dianggap ilegal oleh penguasa, ia bertemu Sanan (diperankan Amir Chegini) yang memberinya mimpi tentang kehidupan indah di luar negeri, Australia.

Keduanya menjalani cinta terlarang. Marzieh yang limbung dengan kehidupan sosial di sekitarnya girang saat permohonan visanya disetujui. Ia mengumpulkan uang untuk berangkat ke negeri kebebasan: menjual apapun yang dimiliki untuk bekal.

Namun, ia masih harus bergelut dengan soal lain: takut kehilangan kehangatan keluarganya, kecintaan pada tanah leluhurnya, dan penyakit HIV yang muncul akibat pergaulan bebasnya.

Film ini memang diluar dari budaya Iran pada umumnya. Selain ide cerita yang cenderung nakal, Marzieh dalam film ini juga tampil dengan kepala plontos, dan seringkali tak berkerudung, hal yang diharamkan bagi wanita di negeri ini.

Belum lagi beberapa adegan yang dianggap terlalu vulgar: berhubungan intim di bawah truk, pesta ala Barat di sebuah gudang tua, atau mengkonsumsi narkoba bersama. Inilah yang membuat artis ini dijatuhi hukuman penjara dan 90 cambukan.

My Tehran For Sale Trailer:

0 Komentar untuk "Film Iran yang Membuat Aktrisnya Dihukum Cambuk"

Note: Only a member of this blog may post a comment.