Ada Penyakit Sindrom Pohon Natal

Apakah Anda pernah mendengar nama penyakit "Sindrom Pohon Natal"? Bagi Anda yang memasang Pohon Natal asli di rumah sebaiknya berhati-hati. Sebuah penelitian terbaru di Upstate Medical University, New York, AS menemukan bahwa Sindrom Pohon Natal dapat menyebabkan seseorang menderita bersin-bersin, batuk, lesu, dan bahkan insomnia.

Sindrom Pohon Natal diduga berasal dari jamur yang tumbuh di pohon-pohon. Menurut para peneliti dalam jurnal bertajuk Annals of Allergy, Asthma and Immunology, spora atau jamur kecil yang kasat mata akan menyebabkan masalah bagi Anda ketika tertiup angin dan terhirup masuk ke dalam saluran pernapasan. Para peneliti tersebut menganalisis kliping dari 28 Pohon Natal dan mereka menemukan 53 kasus orang menghirup udara yang mengandung jamur. Dari jumlah tersebut, 70 persennya dapat mengakibatkan gejala gatal-gatal di hidung, mata berair, batuk, sesak napas, sakit di bagian dada, perasaan kelelahan, dan bahkan sampai mengganggu masalah tidur.

Yang juga tak boleh Anda anggap remeh, para peneliti tersebut berhasil mengidentifikasi beberapa jenis jamur yang bisa menyebabkan masalah pada paru-paru hingga berkepanjangan seperti bronkitis dan pneumonia.

Menurut para ahli jamur-jamur kasat mata itu umumnya tumbuh di pohon-pohon secara alamiah dan dapat tumbuh subur di dalam rumah saat Natal. Dari hasil penelitian tersebut juga diketahui bahwa setelah Pohon Natal dipajang selama dua minggu, jumlah spora jamur di udara meningkat, dari 800 per 35 kubik menjadi 5.000 per 35 kubik.

Peneliti ahli Dr Lawrence Kurlandsky menyarankan, sebaiknya memiliki Pohon Natal buatan ketimbang berisiko merayakan Natal dalam keadaan sakit.


Sumber: Zeenews/lip6
0 Komentar untuk "Ada Penyakit Sindrom Pohon Natal"

Note: Only a member of this blog may post a comment.