Operasi Jempol Kaki Jadi Jempol Tangan


Kejadian luar biasa telah menimpa James Bryne. Ayah satu anak berusia 29 tahun itu telah mengganti jempol jari tangan kiri yang sebelumnya terpotong ketika menggergaji kayu akhir Desember lalu. Namun, James tak menukarnya dengan jempol jari tangan melainkan jempol jari kaki.

Sebelumnya, tim bedah telah berusaha menyambung kembali jempol tangan yang terputus tersebut. Sayangnya, darah di sekitar jempol tak bisa mengalir dengan lancar.

Operasi pemasangan jempol yang dilakukan di Frenchay Hospital, Bristol, Inggris, tersebut dilakukan September lalu dengan arahan ahli bedah Umraz Khan. Kini dua bulan setelah operasi, jempol yang oleh James diberi nama Toby tersebut dapat berfungsi dengan baik walau belum maksimal.


"Aku tak pernah mengira kalau operasi itu bisa berhasil tapi tim bedah dan perawat telah melakukan pekerjaan yang fantastis. Perawatannya sangat luar biasa," ujar James. "Aku belum bisa membengkokkannya tapi kuharap hal itu bisa segera dilakukan. Sangat lega karena aku akan bisa segera bekerja lagi."

"Ini merupakan prosedur yang sangat kompleks dan jarang dilakukan. Operasi ini membutuhkan pemasangan ulang pada tulang, jaringan syaraf, arteri, urat tendon, ligamen dan kulit dari jempol jari kaki," ujar Umraz Khan yang memimpin operasi jari James itu selama 8 jam. "James akan belajar untuk menyeimbangkan diri tanpa jempol kaki kiri. Tapi dia akan bisa berjalan dan melakukan jogging secara normal."
0 Komentar untuk "Operasi Jempol Kaki Jadi Jempol Tangan"

Note: Only a member of this blog may post a comment.