Office 15 akan Disertakan di Windows 8 versi ARM

Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan sistem operasi Windows 8 untuk prosesor berarsitektur ARM (32 bit RISC), yang selama ini banyak digunakan pada perangkat smartphone dan tablet.

Jadi nantinya, perangkat tablet dengan Windows 8 akan menggunakan Windows 8 versi ARM, bukan versi x86 yang didesain untuk komputer desktop.

Kabar mengejutkannya adalah, dalam Windows 8 versi ARM ini, sudah tersedia aplikasi Office 15 dalam versi built-in (bawaan), dengan akses Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Office 15 merupakan software perkantoran yang akan melanjutkan Office 2010.

Microsoft pun mengonfirmasi, Office 15 yang dirancang untuk ARM ini bisa digunakan untuk navigasi layar sentuh.

Belum ada konfirmasi apakah dengan adanya Office 15 built-in di Windows 8 ini akan membuat harga perangkat tablet-nya menjadi lebih mahal atau Microsoft memberinya secara cuma-cuma kepada vendor tablet.

Karena Windows 8 versi ARM ini merupakan rancangan khusus untuk perangkat mobile, maka versi ini tidak bisa menjalankan aplikasi Windows yang dibangun untuk komputer berarsitektur Intel x86 (komputer desktop).

Microsoft sempat menegaskan, bahwa Windows 8 versi ARM tidak akan bisa menjalankan, mengemulasi, dan melakukan porting aplikasi komputer desktop.

Dengan demikian, Microsoft akan membuat aplikasi-aplikasi Windows versi ARM secara tersendiri.

Sumber: The Verge via Kompas
0 Komentar untuk "Office 15 akan Disertakan di Windows 8 versi ARM"

Note: Only a member of this blog may post a comment.