Membangun Blog dengan WordPress.org

Membuat blog menggunakan hosting dan domain sendiri mungkin tidak semudah yang ada dalam panduan-panduan blog yang sudah banyak beredar, baik itu melalui internet ataupun melalui buku panduan. Dengan banyaknya edaran berita tentang cara meraih dollar di internet atau make money online, blog menjadi bahan terbaik yang digunakan oleh seluruh pengguna internet di dunia untuk terjun dalam bisnis online tersebut bahkan ada yang membuka bisnis tentang jasa pembuatan blog itu sendiri. Blog yang dulu terkenal dengan Online Journal atau Online Diary sekarang sudah berubah menjadi Money Engine atau Blogging Money (ini terbukti hampir 99% blogger di dunia sebisa mungkin menggunakan blognya supaya bisa menghasilkan uang, entah itu dengan iklan yang dipasang, sponsor, atau produk-produk sendiri yang dijual). bahkan jika anda membuat blog menggunakan blogspot atau blogger.com, Google menyediakan ADSENSE sebagai cara untuk menghasilkan uang dalam blog.

Dalam postingan lain saya sudah menulis tentang kelebihan membuat blog dengan WordPress, dan disini saya akan sedikit berbagi pengalaman dalam membangun sebuah blog mengunakan domain dan hosting pribadi dengan Wordpress. Membuat blog memakai domain + hosting sendiri tentu berbeda dengan membuat blog gratis dengan wordpress.com atau blogger.com, selain membutuhkan dana juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan. Namun sangat mudah jika anda sudah benar-benar menguasainya dengan baik. 

Jika anda benar-benar baru dan ingin membuat blog dengan domain dan hosting sendiri terutama untuk tujuan bisnis online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga jika sudah berjalan, blog yang anda buat tersebut benar-benar memberikan hasil terbaik untuk anda.
  • Hosting : Pilihlah penyedia layanan hosting yang sudah terbukti berkualitas, ada banyak penyedia layanan hosting terbaik yang bisa anda gunakan, diantaranya, Monster Host, Blue Hosting, HostGator (saya rekomendasikan), IX Web Hosting, Just Host, GreenGeeks, EasyCGI Windows, Hostupon, Yahoo Small Biz dan Pow web. 
  • Nama Domain: Nama domain harus relevan atau sesuai dengan isi blog yang akan anda buat, misalnya blog berisi konten tentang kesehatan maka tentukan nama domain berbau kesehatan (misalnya healt.com, health.org, health.net, kesehatan.com,kesehatan.org dsb) lain jika blog yang akan anda buat adalah blog personal (dalam hal ini anda bebas menentukan nama domain sesuai yang diinginkan). Jika sudah, maka cari penyedia domain yang sesuai dengan budget anda, saya rekomendasikan Godaddy dan Internetbs corp untuk anda membeli domain. *catatan: Penyedia layanan hosting juga menyediakan nama domain, namun biasanya harga domain relatif lebih mahal.
Jika wordpress.org sudah instal dan anda sudah siap untuk melakukan postingan blog, apa yang harus dilakukan?
  • Pilih tampilan layout/tema blog yang cocok dan sesuai dengan karakteristik anda.
  • Instal Plugin -Plugin yang penting untuk wordpress diantaranya Google XML sitemap, komponen SEO (All in One Seo Pack atau Platinum Seo), WP super Chace, Asikmet/Anti Spam dan WP Security, WP related Post, WP Statistic, serta Wordpress Database Backup. Pelajari masing-masing kegunaan plugin tersebut dan jika membutuhkan plugin lainnya yang sekirannya dibutuhkan blog maka cari  di sini.
  • Jika postingan sudah ada minimal 5 - 10 buah, maka buat akun untuk mendaftarkan blog kelayanan Mesin Pencari Penting, yaitu Google Webmaster, Yahoo Webmaster, dan Bing Webmaster. Submit Blog anda ketiga layanan tersebut dengan memasukan URL blog (http://www.blogkamu.com)
  • Ketiga layanan di atas tadi adalah layanan penting untuk membantu blog yang baru anda ciptakan terindex mesin pencarian, dan untuk layanan lainnya anda submit blog ke direktori -direktori seperti blog catalog, blogtopsites,blogarama atau yang lainnya. (semakin banyak anda memasukan alamat blog ke direktori maka semakin baik)
Hal tersebut di atas adalah gambaran umum dan langkah penting bagaimana memulai/membangun blog dengan wordpress.org, untuk masalah teknisnya anda bisa pelajari satu persatu dari mulai penyedia hosting sampai cara submit blog ke mesin pencari, tidak sulit dan tidak akan memerlukan waktu yang lama untuk memulai langkah-langkah di atas jika anda benar-benar mempelajarinya dengan baik. Sekian dan Jika ada pertanyaan silahkan tulis dibawah. 
0 Komentar untuk "Membangun Blog dengan WordPress.org"

Note: Only a member of this blog may post a comment.