Garuda Terkapar di Bukit Jalil!

Predikis 3 - 0 oleh Tengku Abdullah Sultan Ahmad Shah (Ketua Asosiasi Sepak Bola Malaysia) ternyata benar, Malaysia menang dengan skor sesuai prediksi atas Indonesia pada laga pertama Final Piala AFF Suzuki di Stadion Bukit Jalil Minggu 26 Desember 2010. Kedua kesebelasan tampak bermain penuh kehati-hatian di awal pertandingan, konsentrasi penuh dari kedua TIM terlihat jelas dengan alur permainan sedikit tertutup.

Gairah Sepak bola mendadak buyar saat pendukung Malaysia berulah. Pertandingan sempat terhenti di menit ke-53 karena Kiper Garuda terus diganggu sinar laser dari arah penonton. Beberaap menit pertandingan dilanjutkan kembali, Malaysia langsung memanfaatkan situasi dengan pecahnya konsentrasi para pemain Indonesia akibat insiden memalukan itu. Malaysia memimpin 1-0 pada menit ke-60. Berawal dari kesalahan Maman Abdurachman dalam mengawal bola di pojok gawang diserobot Norshahrul Idlan Talaha yang mengirim umpan untuk diselesaikan Mohmmad Safee Sali. Malaysia menggandakan keunggulan di menit ke-68 melalui tendangan Mohd Ashaari Shamsuddin dan Garuda pun terkapar setelah di menit ke-72, Safee membawa Harimau Malaya unggul memimpin tiga gol tanpa balas.

Indonesia sebenarnya bermain cukup bagus meski berada di dalam bawah tekanan ribuan suporter Malaysia. Garuda bahkan sempat membungkam penonton saat Cristian Gonzales menceploskan bola kala babak kedua baru berjalan dua menit. Sayang, gol dianulir karena Gonzales berada dalam posisi offside.

Konsentrasi pemain, itulah yang jadi alasan kuat kekalahan Indonesia pada laga Final pertama ini, bukan hanya skill dan mental juara yang harus ada melainkan fokus permainan juga harus terjaga saat pertandingan penting seperti ini. Ingat ketika terompet Vuvuzuela di Piala Dunia Afrika Selatan, hampir seluruh pemain mengeluh karena terganggu oleh bising nya nada terompet itu. Christiano Ronaldo, pemain Portugal dan juga salah satu bintang klub Real Madrid mengatakan suara terompet Vuvusuela yang bising dan mengganggu konsentrasi pemain. Itu hanya sebatas suara, bayangkan jika Laser yang dibidik ke mata Anda? Konsentrasi dan Psikologis pemain itu sangat mempengaruhi sebuah pertandingan!

Sebagai catatan, Insiden penggunaan laser suporter Malaysia atas pemain timnas Indonesia ini, Presiden SBY. Secara khusus meminta suporter Indonesia tidak meniru aksi tidak terpuji suporter Malaysia. Berikut adalah himbauan SBY untuk Suporter Indonesia:

"Kalau menjadi suporter jangan seperti yang ditunjukkan Malaysia tadi. Mari kita menjadi bangsa yang sportif," kata SBY usai nonton bersama di kediaman pribadi di Cikeas, Bogor, Minggu (26/12/2010/detiknews.com) malam.

Selamat untuk Tim Nasional Malaysia, dan Tetap Semangat untuk Tim Nasional Indonesia!
0 Komentar untuk "Garuda Terkapar di Bukit Jalil!"

Note: Only a member of this blog may post a comment.