Lagu Imaniar dibajak Penyanyi Malaysia!

kredit: Yahoo OMG
Lagi lagi ada orang Malaysia yang membajak hasil karya anak bangsa Indonesia, kali ini yang menjadi korban adalah Imaniar Noorsaid salah satu penyanyi senior indonesia kelahiran Jakarta 15 Oktober 1965. Ya Lagu Imaniar dibajak oleh penyanyi Malaysia bernama Misha Omar yang sudah diupload oleh ratusan penggemarnya di Jiran sana. Lagu Imaniar yang dibajak itu judul nya adalah "Semoga Abadi" yang dirilis tahun 2000 di bawah BMG Indonesia.


Berikut penuturan Imaniar Noorsaid:
“Saya kan chat sama teman-teman, terus teman aku bilang,’Ini kan lagunya Misha Omar, lagu ini ngetop banget di Malaysia’. Terus aku klik Semoga Abadi-nya Misha Omar, yang upload sudah hampir 200 ribu orang, dan aku benci banget lihat komen-komennya,”

"Lagu diciptain tahun 2000 waktu itu saya dikontrak sama BMG Indonesia dua album kalau gak salah. Terus saya ciptakan lagu ini sama Yossi Hitiyaubesi. Jadilah album yang judulnya IMANIAR gak pakai judul lagu. Kemudian hitnya di situ ditulisnya Semoga Abadi. Dan saya sudah buatkan video klipnya, tapi tidak terlalu populer dan tidak terlalu dipromosikan, karena saat itu ada resesi pada tahun 2000. BMG mungkin terbenturnya di situ yang seharusnya Imaniar promosinya penuh menjadi setengah sehingga orang gak banyak tahu lagu ini,"

"Mungkin karena tidak terlalu menguntungkan atau gimana saya gak tahu, akhirnya pada tahun 2006 lagu itu dipakai oleh Misha Omar dengan judul yang sama. Cuma di CD atau kasetnya ditulis tidak ada penciptanya, dan yang paling sakit hati suara saya itu dipakai oleh Misha Omar sebagai backing vokalnya. Benar-benar sakit hati, kulonuwon (permisi) aja gak ada, jadi benar-benar diinjak deh,"

Untuk menyelesaikan kasus pembajakan lagu ini, Imaniar menempuh jalur hukum, dia menyewa 8 pengacara untuk mendapatkan kembali hak-hak nya terhadap karya yang diciptakannya.

“Bukti-buktinya kita cicil, karena kan saya sudah terikat kontrak 10 tahun (dengan BMG), kemudian dia juga edarnya sudah dari empat tahun yang lalu. Jadi kita kumpulkan Cd-nya dia dan segala macam kan, sampai kontrak-kontrak saya. Bagaimana musik saya bisa pindah kesana gitu, dengan segala vokal saya dihapus itu. Kok bisa, itu kan rahasia perusahaan,”

Dia pun memberikan alasan, dalam penyelesaian kasus ini, dirinya tak ingin mengambil jalur kekeluargaan.

“Saya gak mau, karena dia sudah banyak mendapat keuntungan dan Misha Omar best female apa dengan lagu itu, terus naik pop chart berapa. Terus albumnya sudah terjual sangat banyak, tanpa menyebutkan itu ciptaan siapa. Itu bisa terjadi di suatu negara, menurut saya itu keren banget,”


Sepertinya bajak membajak oleh tetangga serumpun ini udah kronis, waduh tuan dan nyonya yang katanya negara majikan gimana seandainya kemarin malam Piala AFF Indonesia yang menang,  jangan-jangan tuan ambil juga!


Sumber: yahoo OMG dan Okezone
0 Komentar untuk "Lagu Imaniar dibajak Penyanyi Malaysia!"

Note: Only a member of this blog may post a comment.