Situs web penolong badai di Amerika

Snowmageddon adalah nama badai salju hebat yang menyeramkan bagi masyarakat AS dan sekitarnya. Badai ini biasanya terjadi selama 3 hari dari mulai Meksiko Utara, Amerika Serikat sampai daerah Provinsi maritim Kanada.

Untuk membantu masyarakat menghadapi badai salju ini melalui media online, Lembaga nonprofit PicNet dan SoapBox membangun situs web yang bernama Snowmageddon Cleanup. Situs ini sama seperti layanan masyarakat, 311. alamat URL nya (http://snowmageddoncleanup.com)

Dengan adanya situs ini, masyarakat dapat mempublikasikan waktu, lokasi dan masalah yang mereka alami misalnya terperangkap di mobil atau terdampar di suatu tempat. Sehingga memudahkan para relawan memperoleh data untuk segera memberikan pertolongan. Situs ini juga bisa dimanfaatkan bagi siapapun yang ingin meminjam sekop salju atau menyelamatkan ambulans yang terperosok.

Situs itu dibangun menggunakan Ushahidi, aplikasi yang menaruh data dalam pemetaan. Layanan dibangun untuk mendokumentasikan kasus kekerasan setelah pemilu di Kenya pada 2008.

Situs tersebut memang tidak sering digunakan masyarakat namun menjadi informasi berguna bagi banyak orang. Mereka berhasil mendata mobil kepolisian yang terjabak di salju, orang-orang yang terjebak di Union Square, kendaraan yang tidak dapat bergerak di jalan Halsey serta beberapa insiden di kawasan Metropolitan Ave.

Ryan Ozimek dari PicNet mengembangkan situs Snowmageddon Cleanup ini pertama kali untuk mengatasi dampak badai salju di Washington D.C, Februari 2010 lalu.
0 Komentar untuk "Situs web penolong badai di Amerika"

Note: Only a member of this blog may post a comment.