Blogger Indonesia Bukan Untuk Kepentingan AS!

Beredar pemberitaan dari situs fenomenal Wikileaks yang dikutip oleh detik.com bahwa Blogger Indonesia Digarap Untuk Kepentingan AS dengan dinamai Public Diplomacy 2.0. Hal ini terungkap dalam sebuah kawat pada 12 Februari 2010 silam dari Kedubes AS Jakarta, kepada pejabat Kemlu AS bernama Jared Cohen. Seperti dilansir Guardian, Rabu (19/1/2011), kawat itu mengungkap strategi AS untuk memanfaatkan social media di Indonesia untuk kepentingan AS.

Public Diplomacy 2.0. Artinya, internet dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menyebar pengaruh AS dan mengamankan kepentingan AS di negara tujuan. Mereka memilih strategi ini karena pertumbuhan social media di Indonesia sangat cepat.

Kawat dengan kode referensi Jakarta 0065 ini adalah laporan kepada Kemlu AS, bahwa Kedubes AS Jakarta berhasil menjalankan Public Diplomacy 2.0. "Kedubes AS di Indonesia adalah yang terdepan dalam Public Diplomacy 2.0. Dengan lebih dari 50.000 fans (di akun Facebook Kedubes AS), paling banyak dari Kedubes AS lain di seluruh dunia, dengan menggunakan social media di Indonesia," demikian pernyataan mereka.

Kontan saja komentar-komentar miring terhadap Blogger Indonesia bermunculan akibat pemberitaan itu. 

Entah apa maksud detik.com menulis judul seperti itu, Propaganda?? Atau Cari Trafik?? Jika untuk cari trafik saya rasa bukan... karena detik.com sudah menjadi konsumsi berita untuk blogger-bloger Indonesia. 

Jika layanan Sosial media masuk dalam Public Diplomacy 2.0 untuk kepentingan AS mungkin benar namun jika disebutkan Blogger Indonesia Untuk Kepentingan AS itu salah besar! Justru AS yang kami manfaatkan untuk kepentingan kami (Blogger)! 

Jangan jauh-jauh... Jika ingin contoh AS yang kami manfaatkan. Ini contohnya, Layanan Penyedia Blog seperti Wordpress, Blogger dan lainnya itu milik siapa? Layanan Domain dan Hosting yang paling banyak Blogger Indonesia gunakan itu milik siapa? Dan satu lagi bukti nyata AS kami manfaatkan adalah layanan Google Adsense. Dari google adsense Blogger Indonesia bisa meraup Jutaan Rupiah! dan itu untuk kepentingan blogger (pendapatan pasif income dari kreasi Online mereka) bukan untuk kepentingan Politik AS. Jadi terlalu memojokan jika mengklaim Ribuan blogger Indonesia untuk menyebarkan pengaruh AS.

Dunia Blogging juga sekarang sudah berubah. Jika dulu blog hanya digunakan sebagai diary online atau catatan harian pribadi pengguna internet saja, namun sekarang hampir 90% Blog digunakan untuk keperluan bisnis. Rata-rata blogger bukan hanya di Indonesia tapi diseluruh dunia memanfaatkan Blog sebagai saran bisnis online atau pekerjaan di dunia maya. OMONG KOSONG kalo di Indonesia banyak blogger yang bermain untuk kepentingan politik!

WikiLeaks: Blogger Indonesia Digarap Untuk Kepentingan AS. That Is Not True!!! Itu menurut saya yang juga orang Indonesia, Saya kembalikan kepada Anda-anda Para Blogger apakah anda Ngeblog Untuk AS?!
1 Komentar untuk "Blogger Indonesia Bukan Untuk Kepentingan AS!"

jika butuh jasa foto prewedding, wedding, family, baby, event, personal dll.
Bisa langsung hubungin :

Office : Jl.Pinang Baru No.168
E-mail : inoviardo@oneyephotowork.com
Website : www.oneyephotowork.com
No Telp : 085697164118 (irvan)

Note: Only a member of this blog may post a comment.