Fakta menarik seputar Youtube

Youtube.com memang paling banyak digemari oleh user internet khususnya untuk fasilitas video stream online. Meskipun masih banyak situs video yang bisa digunakan seperti Google video, Megavideo, Veoh, Aol, Dailymotion, Metacape, dan yang lainnya, namun Youtube tetap menjadi raksasa situs video seperti Google yang menguasai mesin pencarian. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar youtube.com yang layak diketahui oleh youtuber's

Awal pembelian domain youtube.com bermasalah

Domain terkenal dengan akhiran tube.com saat sebelum youtube.com lahir, sudah dipegang oleh utube.com yaitu salah satu situs Universal Tube & Rollform Equipment yang berbasis di Perrysburg, Ohio. Kemudian tepat saat valentine 2005 youtube.com mendaftarkan nama domain mereka. Hadirnya youtube.com ternyata membawa masalah kepada utube.com, karena banyak user utube com beralih ke youtube.com dan kesalahan2 dari user internet terhadap pencarian video membuat utube kewalahan dengan trafik yang melonjak tajam. Perusahaan manufaktur itu kemudian menggugat YouTube karena mereka mengklaim usahanya rusak karena YouTube namun tuntutan ditolak. Kini, tampaknya Universal Tube & Rollform Equipment kalah telak dan situs bisnis itu berpindah menjadi utubeonline.com. Sedangkan utube.com diparking menjadi halaman arahan video.


Youtube berkembang atas jasa Paypal.com

Kreativitas dan pengembangan youtube disuport oleh Paypal sebagai salah satu situs perintis usaha yang mendukung layanan bisnis online terbesar saat ini. YouTube diciptakan oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim pada 2005. Ketiga pendiri itu saling kenal dari kerja sama pada usaha perintis Internet, PayPal. Bahkan, Hurley merancang logo PayPal setelah membaca artikel Wired mengenai perusahaan pembayaran online. Awalnya, YouTube mendapatkan pendanaan melalui bonus yang diterima dari eBay buy-out of PayPal. Jadi jika tak ada PayPal maka tak akan ada YouTube.

YouTube berubah dari Situs Kencan menjadi situs Multimedia/Broadcast

Pada awal konsep YouTube berdiri sebagai situs video kencan yang dijuluki ‘Tune In Hook Up’ yang kabarnya dipengaruhi Hot or Not milik Avid Life Media yaitu situs vote foto user untuk kencan online dunia maya (hotornot.com). Dari situlah ketiga pendiri Youtube akhirnya memutuskan tidak mengambil jalan itu (vote foto user) melainkan fokus pada pengembangan vote video user. Inspirasi YouTube terbesar seperti yang dikenal banyak orang yaitu pada dua peristiwa berbeda. Pertama, ketidakmampuan Karim menemukan video Janet Jackson ‘malfungsi pakaian’ dan kedua, ketika Hurley dan Chen tak mampu berbagi video pesta makan malam karena keterbatasan lampiran email.

Video pertama Youtube 

Me at the zoo adalah video pertama yang diupload youtube. Video ini dibuat Yakov Lapitsky di San Diego Zoo. Video itu menampilkan Jawed Karim di depan kandang gajah. Video ini sendiri mendapat hit sebanyak 4 juta lebih sejak debut online-nya pada 23 April 2005.
Link Video pertama youtube

Rickroll Pertama Youtube

Contoh pertama ‘Rickroll’ muncul di YouTube pada 2007. Nampaknya, hal itu merupakan evolusi lelucon ‘4chan’ yang awalnya adalah pengguna ‘duckrolled’ yang mengarahkan pada bebek di atas roda. Kini, Rickroll menjadi lelucon praktis paling umum online. Pada 2008, fenomena itu memuncak, poling SurveyUSA menyatakan, lebih dari 18 juta dewasa Amerika Serikat (AS) melihat figur Rickroll. Meski Rickroll pernah menjadi tren, figur itu bisa dengan mudah meningkat dua kali lipat.

April Mop Tahunan YouTube

Selama tiga tahun terakhir, YouTube mengerjai jutaan penggunanya setiap April Fools Day. Alasannya adalah klasik, tiap video di halaman muka situs sebenarnya Rickroll. Pada 2009, YouTube membuat situs itu terbalik. Pada 2010, untuk upaya mengurangi bandwidth pun diperkenalkan mode ‘TEXTp’ yang menterjemahkan video menjadi teks. Mari kita lihat apa yang akan dilkukannya pada 2011 ini.

Statistik YouTube Mencengangkan

Pada Februari 2011, YouTube memiliki 490 juta pengguna unik per bulan di seluruh dunia. Diperkirakan, jumlah hit tiap bulan mencapai 92 miliar halaman. Kita menghabiskan sekitar 2,9 miliar jam di YouTube per bulan atau selama 325 ribu tahun. Belum lagi statistik itu hanya untuk situs web YouTube, untuk video yang dipasang atau dilihat melalui perangkat mobile belum ditambahkan.

Statistik Sosial YouTube

Media sosial terkait statistik YouTube sangat mengesankan. YouTube mengatakan, rata-rata terdapat 400 tweets per menit yang mengandung link YouTube. Sementara itu, di Facebook lebih dari video YouTube setara 150 tahun dilihat tiap hari.

Video Paling Banyak Dilihat, Disukai dan Favorit

Tanpa menghitung video musik yang memiliki pembatasan perizinan dan seringkali hanya ditampilkan di YouTube AS, video terbanyak dilihat sepanjang massa adalah ‘Charlie bit my finger’ yang memiliki hit 283.405.051 dan akan terus bertambah. Jika video musik situs Vevo AS dihitung juga, maka pemenangnya adalah Justin Beiber saat menyanyikan ‘Baby’. Video ini memiliki lebih dari 466 juta hit dan terus bertambah.

Itulah beberapa fakta menarik seputar Youtube.com
0 Komentar untuk "Fakta menarik seputar Youtube"

Note: Only a member of this blog may post a comment.