Gary Moore meninggal dunia

Gitaris Legendaris Gary Moore meninggal dunia saat sedang liburan di Spanyol hari Minggu 6 Februari waktu setempat. Manager Thin Lizzy, Adam Parsons mengatakan kepada BBC bahwa dia ditemukan meninggal pada hari Minggu pagi. Moore yang pernah memperkuat grup legendaris asal Irlandia,Thin Lizzy ini meninggal dalam usia 58 tahun.

Moore sendiri bergabung dengan Thin Lizzy karena ajakan Phil Lynott untuk menggantikan gitaris Eric Bell. Dalam wawancara dengan BBC, Bell menyatakan dia masih terkejut dengan kematian Moore.

"Saya masih belum percaya dengan kabar tersebut," kata Bell. "Dia terlihat bugar dan dia adalah pria yang sehat".

Editor majalah musik Irlandia, Hot Press, Niall Stokes menggambarkan Moore sebagai seseorang yang jenius. Karya Moore banyak mendapat pujian dari para kritikus musik termasuk karyanya dalam album Thin Lizzy, Nightlife yang diluncurkan pada tahun 1974.

Keberadaannya bersama grup itu seolah memberi warna tersendiri. Selama bergabung dengan grup tersebut dia tidak pernah terbawa dalam format musik Thin Lizzy. Pada tahun 1975 dia melepas album solo pertamanya, Grinding Stone dan penampilannya di album ini membuat dia dikenal sebagai musisi yang punya ciri dan talenta tersendiri yang luar biasa. Sempat berkonsentrasi di album solo, Moore sepat meninggalkan Thin Lizzy namun pada akhir tahun 1970-an dia kembali bergabung dengan grup tersebut.

Meski demikian karir solo Moore juga terus berlanjut dan merajai tangga lagu Inggris salah satunya lewat singlenya Parisienne Walkways dan Out In The Fields. Selama karirnya dia dikenal sebagai gitaris yang tampil dalam berbagai genre musik seperti blues, metal dan hard rock. Dia juga kerap tampil bersama artis besar dan telah melepas 20 album.
Sumber: BBC

0 Komentar untuk "Gary Moore meninggal dunia"

Note: Only a member of this blog may post a comment.