Ronaldo Gantung Sepatu

Striker legendaris Brasil Ronaldo mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pesepekbopla profesional di usianya yang ke-34 di Sao Paulo, Brasil, 14 Februari 2011. Tidak ada gol yang akan lahir dari kaki atau kepala Ronaldo. O Fenomeno atau Sang Fenomenal itu mengkonfirmasi, resmi mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola, Minggu (13/2) malam waktu setempat. Dan Senin ini, penyerang Corinthians ini mengemukakan alasan di balik keputusannya.

Mantan bintang Barcelona, Real Madrid, Inter Milan, dan AC Milan ini gantung sepatu di usia 34 tahun. "Sebagaimana dikabarkan kemarin, saya di sini untuk mengkonfirmasi bahwasanya saya mengakhiri karier sebagai pesepakbola profesional," kata Ronaldo yang ditemani dua putranya, Ronald dan Alex, di Rio de Janeiro, Brasil.

"Saya mengaku kalah dengan kondisi badanku yang tidak lagi fit," kata Ronaldo. "Kenyataan yang harus saya hadapi sekarang yaitu tidak bisa naik tangga tanpa rasa sakit. Tapi saya tidak pernah menyesal akan pengorbanan itu. Saya memberikan hidupku untuk sepakbola."

Ronaldo berkarier selama 18 tahun dan total mengemas 326 gol dari 466 pertandingan di level klub. Sedangkan ketika membela Timnas Brasil sebanyak 97 kali, Ronaldo mengoleksi 62 gol. Rekor fantastis ini pantas disandingkan dengan legenda sepakbola Brasil, Pele.

Pele tiga kali turut membawa Brasil tiga kali menjadi juara Piala Dunia, sementara Ronaldo hanya dua kali. Meski demikian, Ronaldo lebih subur ketimbang Pele, dengan melesakkan 15 gol di ajang Piala Dunia. Raihan itu bahkan menjadi rekor tersendiri, memecahkan raihan penyerang legendaris Jerman Barat, Gerd Muller.

Memulai karier di Cruzeiro, pencapaian 41 gol dari 45 bertanding memicu minat dari berbagai klub besar Eropa, sebelum bergabung dengan PSV Eindhoven pada 1994. Di Belanda ini, Ronaldo kemampuannya mencetak gol semakin tajam dengan melesakkan 54 gol dari 58 kali bermain.

Penampilan gemilangnya membuat Ronaldo dinobatkan meraih gelar Pemain Terbaik Dunia dari FIFA pada 1996. Inilah gelar pertama dari tiga gelar serupa miliknya. Di tahun yang sama, Ronaldo lantas pindah ke Barcelona dan kembali kemampuannya terjaga konsisten dengan mengemas 47 gol dari 49 kali bermain.

Hanya satu tahun, dia bersama Barcelona dan pada 1997 dijual ke Inter senilai 18 juta pound yang ketika itu memecahkan rekor transfer termahal. Inter dibawa menjuarai Piala UEFA di tahun pertamanya sebelum didera cedera lutut berkepanjangan. Puncak kariernya terjadi di Piala Dunia 2002 dengan membawa Brasil juara untuk keempat kalinya setelah pada 1998 dikandaskan tuan rumah Prancis di final.

Ronaldo bergabung dengan Real Madrid pada 2002. Dua kali Ronaldo turut berperan membawa Los Merengues merebut titel La Liga, sebelum berlabuh di Milan pada 2007. Dua tahun kemudian Ronaldo yang dianggap kegemukan pulang ke negerinya dan bermain untuk Corinthians.(DIM/Goal/Soccernet)
0 Komentar untuk "Ronaldo Gantung Sepatu"

Note: Only a member of this blog may post a comment.