Indonesia Emerging Market yang sangat Seksi

Selama beberapa tahun terakhir Indonesia menjadi sorotan dunia karena perkembangan aktifitas media sosial melalui internetnya. Laporan terbaru menunjukkan bahwa Indonesia ada di peringkat kedua terbesar pengguna Facebook, setelah Amerika Serikat, dengan lebih dari 35 juta akun. Indonesia juga adalah pengguna Twitter ke empat terbesar di dunia dengan hampir 5 juta pengguna.

Menurut Blogger Senior Budi Putra seperti yang dilansir di NHK world, perkembangan pengguna internet di Indonesia ini sangat mengejutkan, karena selama ini ada asumsi bahwa infrastruktur teknologi di Indonesia masih belum memadai, dan lain sebagainya. Tapi kenyataannya pengguna layanan sosial seperti Twitter dan Facebook malah bertambah terus. Malah nomor dua dalam jumlah pengguna Facebook di dunia. Ini menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia luar biasa berkembang, ditambah lagi dengan teknologi mobile yang memang sudah sangat berkembang di Indonesia saat ini.

Kenyataan ini sebenarnya lebih banyak disumbang oleh pengguna mobile atau layanan telepon seluler, karena sebagian besar layanan mobile sekarang sudah menggunakan GPRS, 3G dan lain sebagainya. Operator-operator ponsel juga sudah menawarkan macam-macam "unlimited plan", termasuk misalnya update Facebok, Twitter dan sebagainya. Jadi itu bukan semata-mata dari pengguna internet berbasis komputer tapi juga ditambah atau malah mayoritas datang dari pengguna layanan mobile di Indonesia. Salah satu angka yang saya baca itu sudah ada lebih dari 150 juta pengguna layanan mobile di Indonesia.

Bulan Juli lalu Eric Schmidt, CEO salah satu perusahaan internet terbesar dunia, Google berkunjung ke Jakarta mencari potensi investasi. Pesaingnya Yahoo juga sudah mendirikan kantor di Jakarta, demikian juga dengan layanan jejaring sosial Multiply. Banyak perusahaan internet lainnya yang juga mulai melirik potensi investasi.

Mengenai hal tersebut menurut Budi, Indonesia adalah emerging market yang sangat seksi. Jumlah pengguna produknya besar dan jumlah pengguna internetnya berkembang terus, ditambah lagi dengan infrastruktur teknologi, dukungan swasta dan lain sebagainya yang semakin besar. Ini akan membuat siapapun, negara manapun, pihak manapun akan ketinggalan. Memang pertumbuhannya sangat cepat dan saya rasa karena Indonesia sudah punya crowd, pengguna yang sangat besar, tinggal dikasih sesuatu yang bereka butuhkan sebetulnya. Mereka hobi berbagi di Twitter maupun di Facebook. Tapi mereka masih kesulitan dengan konten. Nah jadi saya selalu bilang, siapapun yang mau berinvestasi di Indonesia jangan menantang Google, Facebook atau Twitter. Jangan main di platform karena mereka sudah sangat jadi di situ. Tapi mainlah di konten-konten lokal sehingga para pengguna media sosial di Indonesia mendapat sesuatu yang mereka akan gunakan untuk sharing di Twitter ataupun di Facebook.

Sumber: www3.nhk.or.jp
0 Komentar untuk "Indonesia Emerging Market yang sangat Seksi"

Note: Only a member of this blog may post a comment.