Cara Mengetahui Kebohongan Seseorang

Menyimak acara Aditya Prambudhi (Demian) di salah satu TV swasta cukup menarik. Pasalnya saat itu Demian mempertunjukan reality show magic mengenai "cara mendeteksi kebohongan pada manusia". Menurut Demian, titik kebohongan pada laki-laki ada 12 celah sedangkan pada perempuan ada sebanyak 21 celah, sayangnya ke 32 celah tersebut tidak diuraikan satu-per satu, hanya beberapa poin penting saja yang berhasil ditangkap dari acara tersebut.

Berikut cara mengetahui kebohongan pada seseorang:

Gaya Bicara dan Suara

Jika seseorang sedang berbohong akan terlihat jelas dari gaya bicara dan suaranya seperti berikut:
  • Menggunakan kata-kata yang sulit dimengerti.
  • Lama merespon pertanyaan, sehingga terdapat jeda waktu saat memberikan sebuah jawaban
  • Jika berbohong biasanya akan sedikit meninggikan suara. 
Mimik Wajah dan Gerak Tubuh

Ekspresi wajah dan gerak tubuh seseorang yang dapat menjadi bukti yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong, diantaranya sebagai berikut:
  • Posisi yang tiba-tiba berubah. Sebagai contoh, lawan bicara kita sedang menyilangkan salah satu kakinya diatas kaki yang lain, dan ketika mulai menjawab pertanyaan kita, dia merubah posisi kakinya. Orang yang berbohong, sekalipun dia seorang profesional, akan merasakan ketidaknyamanan ketika dia berbohong. Tubuh akan selalu menyesuaikan perasaan kita tanpa kita sadari, jadi posisi yang tiba-tiba berubah ini adalah sinyal yang baik yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong.
  • Gerakan-gerakan yang tidak disadari dari anggota badan. Sebagai contoh: menggoyangkan kaki, menggoyangkan tangan diatas meja, kedua tangan direkatkan kuat-kuat, kedua paha saling menekan bersama-sama. Jika lawan bicara kita sedang dalam posisi duduk dan kemudian ia merubah arah telapak kaki ke arah yang lain, itu juga merupakan tanda bahwa orang tersebut sedang berbohong.
  • Kegelisahan di bagian-bagian tubuh. Hal ini dapat terlihat dengan berbagai cara, tergantung dari orangnya. Gerakan yang gugup akan menarik perhatian kita terutama dapat kita rasakan ketika kita berbicara dengan seseorang yang kita kenal dan orang tersebut melakukan gerakan yang tidak seperti biasanya. 
  • Senyumannya terlihat kurang wajar dan gerakan kecil di area wajah. Saat seseorang berbohong senyuman pun akan bisa dijadikan ukuran, seperti halnya foto yang diambil tanpa rekayasa akan terlihat  lebih natural daripada foto yang dibuat-buat. Begitu juga pada gerakan wajahnya misalnya saat ditanya tiba-tiba mengedip atau berpaling ke arah yang lain.
Perubahan denyut nadi dan suhu tubuh

Disadari ataupun tidak disadari ternyata ada hubungan yang kuat antara pikiran dan perubahan suhu tubuh dan denyut jantung saat seseorang berbohong, hal ini dilihat dari:
  • Nafas yang tiba-tiba. Dalam setiap kebohongan, detak jantung akan meningkat dan nafas akan menjadi dangkal/cepat. Biasanya jika seseorang sedang berbohong akan mengambil nafas dalam-dalam untuk menenangkan perasaannya, dan jika anda pegang dan rasakan denyut nadi nya akan terasa perubahan yang cepat.
  • Suhu tubuh memanas. Interkasi yang bertolak belakang inilaah yang menyebabkan suhu tubuh orang yang sedang berbohong mendadak naik (yang tadinya dingin bisa jadi panas atau mengeluarkan keringat)
Deteksi kebohongan memang sulit dilakukan karena karakter pribadi seseorang itu jelas berbeda-beda, tetapi hal yang di uraikan tersebut di atas sudah dibuktikan dan memang demikian adanya yang terjadi pada orang yang sedang berbohong. Ingin mencobanya? Silahkan. :D

Thanks to: Demian (Gara-gara Magic)
0 Komentar untuk "Cara Mengetahui Kebohongan Seseorang"

Note: Only a member of this blog may post a comment.