Beberapa Jenis Karakter Seorang Pekerja

Karakter atau watak dalam sebuah film adalah ciri utama tokoh yang dapat diperankan oleh seorang aktor/aktris. Dalam kenyataan umum , karakter bisa digambarkan sebagai sifat manusia pada umumnya dimana manusia mempunyai banyak sifat yang tergantung dari faktor kehidupannya sendiri seperti pemarah, sabar, pemaaf dan yang lainnya. Karakter bisa bermacam-macam ditinjau dari segi dan dalam bentuk apa.

Dalam dunia kerja, peran kita sebagai seorang pekerja juga memiliki karakter yang berbeda-beda, sering kita lihat dalam sebuah info lowongan kerja dicantumkan kualifikasi atau persyaratan  seperti mampu berkomunikasi dengan umum, jujur, cekatan, terampil, bersedia bekerja dibawah tekanan dan sebagainya. Itu semua untuk mendapatkan seorang pekerja yang sesuai atau cocok dengan bidang kerja yang akan diberikan.

Mengenai karakter pekerja ini, berikut beberapa macam karakter seorang pekerja yang dimuat oleh Purpose Linked Consulting yatu organisai yang bergerak dalam kepemimpinan perusahaan.

The Builder: Terbuka terhadap kesempatan, menyukai tantangan baru, dapat bekerja dengan baik dengan tujuan dan target yang pasti, membutuhkan kebebasan untuk menciptakan cetak biru atas hal-hal baru. Mereka juga tipe pekerja yang sangat berorientasi pada hasil dan merupakan pemimpin yang natural.

The Transformer: Senang melakukan perubahan, mengidentifikasi dan selalu mencari kemungkinan untuk melakukan perubahan dalam bisnis dan pekerjaan, lingkungan, atau hal lainnya. Selalu menunggu kesempatan untuk melakukan perubahan dan akan bosan jika melakukan hal yang sama dalam waktu panjang.

The Processor: Sangat suka menganalisis, berorientasi pada kualitas, menikmati saat-saat mengumpulkan informasi dan mengolah data untuk menemukan sesuatu, selalu mengantisipasi koreksi apa yang dibutuhkan berdasarkan interpretasi dari informasi yang didapat, untuk mengamankan mereka atau perusahaan dari kesalahan serius.

The Altruist: Memiliki gairah besar terhadap aksi sosial, memiliki kepekaan sosial tinggi, suka mengambil keputusan yang berdampak baik bagi masyarakat luas.

The Healer: Umumnya bekerja di organisasi atau lembaga sosial, menjadi konselor. Atau jika mereka bekerja di perusahaan, menjadi orang yang paling sering dijadikan tempat berkonsultasi oleh rekan-rekan kerja.

The Connector: Pandai berkomunikasi, bernegosiasi, dan membangun jembatan penghubung antara orang-orang atau antara masalah dan solusi. Tipe Connector sering kali disebut para “arsitek” dalam menjalin hubungan baik.

The Creator: Senang membuat konsep dan menerjemahkannya dalam format yang dapat diapresiasi orang lain, fokus pada estetika, keindahan, dan fungsional dalam hal apa pun saat memanifestasikan sesuatu di pekerjaannya.

The Teacher: Suka berbagi pengetahuan dengan orang lain dan senantiasa menerjemahkan pengetahuan dan informasi apa pun untuk membuat pekerjaan mudah dimengerti.

The Discoverer: Selalu menemukan hal-hal baru. Sering kali menjadi inovator dan sangat suka merapikan puzzle yang rumit dalam sebuah pekerjaan.

The Conceiver: Memiliki pola pikir ekspansif, mengubah tantangan menjadi kesempatan dengan cepat saat orang lain masih mencoba memahaminya. Mereka orang-orang dengan ide brilian yang terkadang dianggap gila. Sangat cocok dalam bidang pekerjaan kreatif seperti membuat produk-produk baru, strategi pemasaran, desain, atau acara spektakuler.
1 Komentar untuk "Beberapa Jenis Karakter Seorang Pekerja"

banyak sekali ya gan type karakter

Note: Only a member of this blog may post a comment.