Membangun Blog Untuk Bisnis Adsense

Membangun Blog Untuk Bisnis Adsense
Bisnis online yang paling mudah dijalankan adalah Google Adsense. Kenapa? Karena cukup sederhana, buat blog/site lalu pasang script, earning pun datang. Yang paling susah adalah pada bagian bagaimana membuat satu blog yang mempunyai konten berbobot, unik, disukai mesin pencari, dicari banyak orang dan sejalan dengan kebijakan program Adsense itu sendiri.

Sebelum Adsense mendukung bahasa Indonesia, cukup sulit menjalankan bisnis ini. Kendala bahasa Inggris satu-satunya yang jadi penghambat. Bagi mereka yang mempunyai skill bahasa bule mungkin tidak kesulitan, tapi bagi blogger seperti saya itu cukup sulit.

Banyak cara yang dilakukan para publisher lokal dari mulai keluar modal membeli artikel/menyewa penulis artikel bahasa Inggris, sampai auto generate content atau copas otomatis tanpa ribet dan hasilnya untung-untungan ada yang sukses dan banyak juga yang bangkrut alias Banned. Apalagi setelah masa-sama update alogaritma google (panda, pinguin, dinosaurus) cara paling baik bermain adsense adalah manual atau membangun blog sesuai kemampuan sendiri. (Udpate! jika ada yg membaca postingan ini, itu sudah tidak berlaku sejak alogaritma Google berubah)

Angin segar ketika setahun lalu Adsense menerima blog berbahasa Indonesia untuk menjadi penayang iklan mereka. Ini membuat semangat menjalankan bisnis ini pun jadi bertambah. Termasuk saya, yang sudah lama beralih ke berbagai program afliasi seperti Amazon, Click Bank, Cpalead dan sebagainya.

Namun perlu dicatat, tidak sembarangan blog bahasa Indonesia yang bisa diterima Google Adsense. Blog kita harus berkualitas (mempunyai nilai guna bagi visitor), jika sebuah blog yang hanya menerapkan sistem tembak keyword atau kalimat-kalimat yang banyak dicari oleh netizens (pengguna internet) tanpa memperhatikan kualitas isi blognya itu sendiri, maka jangan banyak berharap dengan adsense. Kemungkinan yang didapat adalah Nilai klik rendah atau bahkan berujung Disable alias tidak diperbolehkan menayangkan Adsense.

Disable adsense ini juga tidak semata-mata karena konten yang tidak memadai, banyak faktor lainnya yang perlu diperhatikan dalam membangun blog adsense supaya aman dari ancaman banned. Tampilan blog harus ramah, jelas, mudah diakses dari mulai landing page, navigasi, kolom post, komentar dsb (usahakan hindari menggunakan tema-tema CSS yang ribet walaupun dalam visualnya itu keren, kecuali ingin membuat blog pribadi saja atau Blogazine).

Konten artikel usahakan harus unik dalam artian bukan hasil copy paste, spin, rewrite ataupun scrap (translate), dan tidak mengandung kata-kata yang dilarang google Adsense. Ini mudah sekali bagi blogger yang suka menulis atau kreatif karena tatanan BAHASA INDONESIA lebih lengkap dari Bahasa manapun! (penting blog bahasa indonesia menghindari kata-kata ini: seks, cewek/gadis dewasa, intim, bugil, dan kata-kata berbau pasutri. contoh blog pasutri bisa dilihat disini)

Jadi sebelum memulai membangun blog untuk Adsense sebaiknya baca, kaji, cermati TOS adsense kalau perlu tanyakan hal-hal yang sekiranya kurang dimengerti kepada para publisher yang sudah cukup berpengalaman disini.

Blog Jenis Apa yang cocok untuk Adsense? Selama tidak bertentangan dengan aturan dan kebijakan Adsense, semua jenis blog cocok untuk adsense, karena adsense menerapkan kontektual alias iklan disesuaikan dengan tema tulisan blog itu sendiri.

Namun ada beberapa topik yang banyak dicari pengguna tapi jelek (punya nilai klik rendah) sesuai pengalaman pribadi, diantaranya tema berita, entertainment/selebritis, arts/seni, olahraga, tips kehidupan, foto blog, humor, dan jenis pelatihan/tutorial-tutorial seperti teknologi, komputer dan sebagainya. Saya sendiri bingung dengan tema blog seperti itu, visitornya banyak tapi nilai kliknya sama sekali berbanding terbalik. (mungkin cocok untuk iklan mandiri saja).

Terakhir, dalam memulai bisnis online dengan Google Adsense, tidaklah instan namun cukup menjanjikan hasil yang baik jika kita mengelolanya dengan sungguh-sungguh. Tidak perlu takut banned atau disable selama mengikuti aturan dan kebijakan dari Google Adsense itu sendiri. Satu hal lagi yang perlu digaris bawahi ketika membuat blog untuk bisnis adsense adalah "APAKAH BLOG YANG AKAN DIBUAT ITU BERMANFAAT UNTUK ORANG BANYAK ATAU TIDAK". Jika ya silahkan buat blog dengan niche / topik sebanyak dan semampu kita lalu daftar disini. Good Luck......
1 Komentar untuk "Membangun Blog Untuk Bisnis Adsense"

Saya juga perlu banyak belajar nih gan :)

Setiyono
http://www.jayabhaya.com/2013/09/jayabhaya.html
princsetiy@yahoo.com
from : Yogyakarta Special Region

Note: Only a member of this blog may post a comment.